PLN Perbanyak Tangki Air Bersih untuk Masyarakat Nias

31

Gunung Sitoli, 10 April 2016 – Pasca defisit listrik yang terjadi di Nias mulai Jumat (1/4), PT PLN (Persero) tambah dua tangki air lagi untuk menyuplai kebutuhan air bersih masyarakat Nias. Dua tangki ini akan ditaruh di Pasar Yaahowu dan Jalam Patimura agar kegiatan masyarakat dapat terbantu. Pemasangan tangki air dilakukan bersama warga dan TNI. Kehadiran tangki air sangat disambut baik oleh warga yang kesulitan mendapat air bersih sejak Jumat lalu.

Pemadaman listrik yang disebabkan oleh pemutusan hubungan kerja sepihak oleh pengelola PLTD Sewa di Nias mengakibatkan 2 unit pembangkit berbahan bakar diesel dengan kapasitas masing-masing 10 MW yang memasok listrik di Nias tidak beroperasi. Kebutuhan dasar masyarakat seperti mandi, mencuci, dan masak pun terganggu karena tidak ada air bersih. Dengan adanya tangki air darurat, kebutuhan masyarakat terhadap air bersih dapat terbantu.

“Terima kasih atas bantuan PLN dengan tanggap daruratnya menyediakan air bersih ini. Kami sangat terbantu,” ungkap Firdaus Koto, warga di Pasar Yaahowu, usai membantu pemasangan tangki.

Menghadapi krisis listrik yang disusul dengan krisis air, PLN bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Nias bergerak cepat untuk menyediakan mobil tangki air yang akan terus bergerak memasok air bersih ke berbagai titik, seperti tangki-tangki air yang disediakan PLN, sekolah, perkantoran, Polres, dan tempat-tempat pelayanan umum lainnya.

Selain Pasar Yaahowu dan Jalan Patimura, sebelumnya PLN juga telah menyediakan tangki air di Komando Distrik Militer 0213 untuk digunakan masyarakat sekitar. Tak hanya penyediaan tangki dan mobilisasi pasokan air di sejumlah titik, PLN juga terus mengupayakan agar PDAM-PDAM dapat dipasok genset.

“Dengan banyaknya genset di PDAM, diharapkan masyarakat bisa langsung mendapatkan air bersih,” ujar Senior Manager Public Relations PLN Agung Murdifi.

Hingga saat ini PLN telah menempatkan genset di tiga lokasi PDAM, yakni PDAM Idanoi (1×120 kVA), PDAM Tirta KBN (1×120 kVA), dan PDAM Binaka (1×100 kVA). Dengan adanya air bersih, diharapkan kegiatan masyarakat dapat tetap berjalan dan kebutuhan dasar masyarakat dapat terpenuhi.

Kontak :
Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. [email protected]

Source PLN Perbanyak Tangki Air Bersih untuk Masyarakat Nias

Leave A Reply

Your email address will not be published.