PLN Operasikan GI Trafo Mobile untuk Lhokseumawe

6

Jakarta, 22 Januari 2016 – Gardu Induk Trafo Mobile 30 MVA berhasil terpasang dan beroperasi pada Rabu (20/1) pukul 16.30 WIB. Dengan beroperasinya GI ini, maka ada tambahan daya sekitar 24 MW yang masuk ke jaringan Tegangan Menengah 20 kV di wilayah Lhokseumawe. GI Trafo Mobile yang juga disebut denganTown Feeder Transformator (TFT) ini akan digunakan untuk menambah keandalan listrik masyarakat di Kabupaten Aceh Utara dan Lhokseumawe, serta menambah kualitas layanan dari sisi tegangan.

Beroperasinya GI Trafo mobile 30 MVA juga dapat mendukung keperluan regasifikasi PT Pertamina Gas dan melayani PT Perta Arun Gas dalam rangka efisiensi regasifikasi, baik untuk kebutuhan energi listrik maupun kebutuhan masyarakat lainnya. Tak hanya melayani masyarakat, GI ini juga ditujukan untuk peningkatan dan pengembangan industri yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Industri yang bisa dipasok antara lain coldstorage, tambak udang, dan perhotelan.

Hingga saat ini, kapasitas terpasang sementara sebesar 30 MVA, dimana 16 MVA untuk Arun Pertagas dan 14 MVA untuk menambah pasokan pada industri dan masyarakat umum. Terpasangnya GI Trafo Mobile ini menyusul keberhasilan PLN menyelesaikan Pembangkit Listrik Mesin Gas (PLTMG) Arun 184 MW dan Gardu Induk Arun 4 x 60 MVA. Pembangkit yang beroperasi secara komersial pada 21 Desember 2015 ini telah masuk ke jaringan SUTET 150 kV Sistem Kelistrikan Interkoneksi Sumatra Bagian Utara (Sumbagut).

PLTMG yang dimotori 19 mesin ini merupakan PLTMG terbesar di Indonesia, proses konstruksinya tepat waktu, dan zero accident. Dalam pengoperasiannya, PLTMG Arun mendapat pasokan gas dari Papua dalam bentuk cair yang akan diolah lagi menjadi gas oleh PT Perta Arun Gas. Beroperasinya kedua Gardu Induk dan PLTMG Arun ini merupakan bentuk komitmen PLN untuk memajukan Aceh di bidang ketenagakelistrikan, sehingga “Aceh Gemilang di 2020” bisa terwujud.

Kontak :

Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs 021 7227059
Twitter @agungmurdifi
Email. [email protected]

Source PLN Operasikan GI Trafo Mobile untuk Lhokseumawe

Leave A Reply

Your email address will not be published.