PLN Ajak Masyarakat Ikuti Lomba Foto Gerhana Matahari

14

Jakarta, 5 Maret 2016 – Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) menjadi ketertarikan bagi masyarakat Indonesia karena merupakan peristiwa langka yang terjadi sekali dalam 350 tahun, dan kali ini Indonesia adalah satu-satunya wilayah daratan di dunia yang bisa menyaksikan gerhana matahari, selain lautan Hindia dan Pasifik. Dalam rangka merayakan euforia GMT, PLN menyelenggarakan lomba foto dengan tema “Eksotika Gerhana Matahari 2016” yang pesertanya terbuka untuk umum.

Fenomena GMT akan melintasi 12 provinsi di Indonesia. Dua belas provinsi yang dilintasi oleh GMT di antaranya adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Namun, PLN akan memusatkan kegiatan lomba foto ini di beberapa lokoasi GMT yang berlatarkan aset PLN, seperti infrastruktur ketenagalistrikan milik PLN dan pelayanan pelanggan PLN. Adapun PLN telah menunjuk lokasi yang dijadikan titik pemotretan foto gerhana matahari, yaitu Gardu Induk Sungai Juaro (Palembang), Gardu dan Jaringan Tegangan Menengah Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), PLTU Sukabangun (Ketapang), Gardu Induk Kasongan (Palangkaraya), PLTU Teluk Balikpapan (Balikpapan), Gardu Induk Silae (Palu), dan Pantai Kota Baru (Ternate).

Tidak hanya mengundang masyarakat untuk berburu foto GMT, PLN juga mengajak masyarakat untuk mengambil gambar Gerhana Matahari Sebagian (GMS) di lokasi yang memang dilintasi oleh GMS atau di luar lokasi pemotretan yang ditentukan, namun tetap mengambil latar aset PLN. Dalam lomba ini, peserta memperebutkan total hadiah senilai Rp 50.000.000. Sementara itu, akan dipilih tiga karya foto terbaik dan 30 nominasi pilihan.

Penjurian lomba foto akan diadakan pada Rabu, 16 Maret 2016 di PLN Kantor Pusat dengan tim penilainya adalah Direktur Human Capital Management PLN, Muhammad Ali; Direktur Galeri Foto Jurnalistik Antara, Oscar Motuloh; dan Kepala Divisi Foto & Artistik Media Indonesia, Hariyanto. Lomba foto ini diadakan selain untuk mengabadikan eksotika gerhana matahari, namun juga untuk mengenalkan masyarakat pada aset-aset yang dimiliki oleh PLN tersebar di seluruh nusantara. Selain itu, momen ini juga sebagai ajang untuk PLN membina hubungan baik dengan stakeholders PLN.

Nantinya, pengumuman pemenang akan disiarkan melalui harian Media Indonesia dan website PLN (www.pln.co.id) pada Minggu, 20 Maret 2016. Untuk keterangan lebih lanjut, serta syarat dan ketentuan lomba dapat diakses di website PLN dan fanpage  PLN 123. Info lebih lanjut, klik link berikut : Lomba foto “Eksotika Gerhana Matahari 2016”

Kontak :

Agung Murdifi
Plt. Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Hp. 0821 2161 8391
Twitter. @agungmurdifi
Email. [email protected]

Source PLN Ajak Masyarakat Ikuti Lomba Foto Gerhana Matahari

Leave A Reply

Your email address will not be published.