Pipa Gas Belawan-KIM-KEK Sei Mangkei Beres September Ini

15

Jakarta 15 Februari 2016 — PT Pertamina Gas (Pertagas) berkomitmen mempercepat pembangunan pipa gas open access untuk ruas Belawan-Kawasan Industri Medan (KIM)-Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei atau BEL-KIM-KEK di Sumatera Utara (Sumut).

Direktur Pertagas Hendra Jaya mengatakan, pasca groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) awal tahun ini, Pertagas bergegas melakukan penanaman pipa gas sebagai komitmen kuat mendukung pemerintah dalam penyediaan inftrastruktur energi di Sumut. Adapun pertengahan Juni, lanjutnya, pembangunan proyek pipa gas tinggal.

“Progresnya hingga saat ini telah mencapai 72%. Kita optimistis percepatan pembangunan pipa transmisi open access berjalan lancar, targetnya selesai akhir September 2015,” ujarnya di Medan, Rabu (24/6).

Menurut dia, pembangunan ruas pipa gas ini merupakan langkah lanjutan menyusul mulai beroperasinya terminal penerimaan dan regasifikasi gas alam cair (LNG) Arun dan Pipa Arun–Belawan.

Selain itu, imbuhnya, pembangunan jalur pipa gas ini juga sekaligus memberikan keterjaminan pasokan gas bagi sektor industri di sekitar Sumut.

“Dengan tersedianya terminal regasifikasi maka sumber suplai gas menjadi banyak, tidak hanya bergantung pada pasokan gas yang ada di sekitar lokasi pipa gas saja.

Source Pipa Gas Belawan-KIM-KEK Sei Mangkei Beres September Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.