PINDAD MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ARMAMENT MELALUI ALIH TEKNOLOGI JOHN COCKERILL DEFENCE MILIK BELGIA

15

7 Agustus 2019 | PT Pindad (Persero) bekerja sama dengan CMI Defence S.A menggelar pelatihan ToT Turret CSE 90 berlangsung pada 12 Juni – 21 Juli 2019 dan berlokasi di John Cockerill Defence, Belgium. Pelatihan ToT Turret CSE 90 didasari oleh Surat Kontrak Kerjasama antara PT Pindad (Persero) dengan CMI Defence S.A. dengan nomor SJAN 13/P/BD/LN/IV/2017 tertanggal 19 April 2017. Dengan adanya pelatihan alih teknologi terutama pada sektor armament, membuktikan PT Pindad (Persero) selalu berupaya untuk mengembangkan kemampuan dan menciptakan inovasi produk alutsista berkualitas kebanggaaan Indonesia.

PT Pindad (Persero) mengirimkan 6 staf unggulan yang diberi tanggung jawab untuk mempelajari alih teknologi Turret CSE 90 di John Cockerill Defence Belgia, yaitu; Gito Suwarno, Febiantara Juanda,A.Md., Rudi Setya Budi, Ginanjar Widhaswara, Dika Wardani,A.Md, Aji Roswaji. Pelatihan alih teknologi yang didapatkan dimulai dari perakitan (assembling) Turret CSE 90 yang terdiri dari 18 tahap, integration hingga finishing perakitan.

Melalui pelatihan alih teknologi ini, PT Pindad (Persero) dapat merakit, mengoperasikan dan mengembangkan Turret CSE 90 secara mandiri. Turret CSE 90 sudah dipercaya untuk menjadi senjata utama yang diinstal pada Kendaraan Tempur Badak. Panser Badak adalah kendaraan tempur 6×6 roda buatan PT Pindad (Persero). Selain Turret CSE 90, Badak dilengkapi juga dengan senapan mesin caliber 7.62 mm, ballistic protection – bulletproof steel plate, dan memiliki mesin diesel 340 HP yang mampu menunjang daya jelajah Badak.

Saat ini, Badak sudah armada tempur milik TNI dan dipergunakan dalam berbagai misi militer. Dengan pengembangan kemampuan melalui alih teknologi Turret CSE 90, maka PT Pindad (Persero) juga memiliki peran untuk mendukung sector pertahanan dalam negeri.

Selanjutnya, pelatihan lanjutan akan dilakukan di PT Pindad (Persero), Bandung.

Source PINDAD MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ARMAMENT MELALUI ALIH TEKNOLOGI JOHN COCKERILL DEFENCE MILIK BELGIA

Leave A Reply

Your email address will not be published.