PIKA Jamkrindo Dorong Perempuan Lebih Kreatif

12

Kamis, 23 April 2015 | 15:40

Jakarta | Jamkrindo
Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati Perum jamkrindo (Pika Jamkrindo) menilai penting ikatan kekeluargaan serta peran Dharma Wanita Persatuan Kementerian BUMN dan Ikatan Isteri Pimpinan BUMN. Karena itu Jamkrindo turut berpartisipasi aktif dalam rangkaian kegiatan yang digelar kedua organisasi tersebut.

Bentuk peran aktif Pika Jamkrindo adalah dengan membuka booth dalam bazar di sela rangkaian acara seminar bertajuk “Champion Duta Parenting.” Acara ini digelar di Kantor Kementerian BUMN Jakarta pada Rabu (23/4) dan diinisiasi oleh Dharma Wanita Persatuan kementerian BUMN dan Ikatan Isteri Pimpinan BUMN.

“Dengan turut berperan aktif, kami ingin ikatan kekeluargaan dharma wanita di seluruh BUMN bisa lebih terjalin lagi, dan tentunya bisa menstimulasi para perempuan untuk berkreasi,” ujar Penasihat Pika Jamkrindo Ibu Lina Diding S. Anwar di sela acara tersebut.

Menurutnya momen rangkaian acara yang digelar juga sangat tepat. Yakni untuk memperingati hari Kartini dan hari Pendidikan Nasional. Pendidikan dan kebangkitan wanita dinilai selaras dengan tujuan didirikannya organisasi wanita dharma wanita Pika Sarana.

Ibu Lina Diding S Anwar menyebut, gelaran bazzar dan rangkaian acara yang digelar dua organisasi di atas bisa dibilang mampu merangsang munculnya kreativitas yang ada di kalangan perempuan di bidang kewirausahaan.

“Seharusnya memang kita dukung acara-acara seperti ini, seminar parenting yang digelar juga penting sebagai bekal para perempuan dalam mendidik anak,” katanya.

Lina Diding S Anwar mengemukakan, forum semacam ini sangat bermanfaat, karena selain untuk menambah pengetahuan sekaligus untuk bersilaturahmi antar-BUMN. “Selain itu, juga untuk lebih memotivasi para anggota, untuk lebih saling berkreasi,” ujarnya. Yang pasti sebagai perempuan, imbuhnya, harus mampu mendukung keluarga dalam membina generasi penerus sebagai manusia berkarakter.

Senada dengan itu, Ketua Umum Pika Jamkrindo Ibu Indriati Nanang Waskito menyeru agar tetap menjaga kodrat sebagai perempuan. Namun di sisi lain juga turut ikut mendukung silaturahim dan persaudaraan serta peduli dengan pendidikan. “Kami juga konsern di bidang pendidikan dan sosial sehingga dalam aksinya sejalan juga dengan Dharma Wanita Persatuan BUMN dan dan Ikatan Isteri Pimpinan BUMN,” ujarnya.

Dalam acara tersebut Jamkrindo turut membuka stand pameran dengan menjual penganan dan berbagai camilan. Ibu Nova dari Pika Jamkrindo mengatakan, keikutsertaan Jamkrindo dalam even ini cukup mampu memberdayakan Pika Jamkrindo. Para anggota bisa berpartisi dalam menjual penganan yang lumayan diserbu para pengunjung. “Hasilnya cukup memuaskan, selain ludes, kami juga berinteraksi dan membentuk ikatan lebih erat dengan anggota dharma wanita dari BUMN lain,” katanya.

Peran Perempuan

Pada bagian lain Dharma Wanita Persatuan Kementerian BUMN dan Ikatan Isteri Pimpinan BUMN juga menggelar seminar parenting. Menurut panitia, anak-anak harus disiapkan menjadi generasi berkarakter sejak dini. Anak-anak harus dikembalikan ke arah budi pekerti yang baik.

Demikian dikemukakan Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini dan Pendidikan Nasional, Ny Cicik Gatot Trihargo, yang diselenggarakan Persatuan Dharma Wanita Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Jakarta, Rabu (22/4). “Kami ingin seperti masa kecil kita dulu. Di mana anak-anak begitu hormat kepada yang lebih tua, lewat di depannya saja bilang permisi. Sekarang, jarang saya melihat itu,” tutur dia.

Lebih lanjut dia mengemukakan, penyelenggaraan seminar ini merupakan salah satu pengejawantahan program Persatuan Dharma Wanita Kementerian BUMN. Ada tiga program tahunan, yang mengacu pada program Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK). Yakni program pendidikan, sosial budaya, serta ekonomi. “Ini masuk dalam program pendidikan,” ujarnya, yang didampingi Ketua Persatuan Dharma Wanita Kementerian BUMN, Ny Pia Megananda dan sejumlah pengurus lainnya.

Pada prinsipnya, kata dia, semua program yang dilakukan Dharma Wanita Kementerian BUMN merupakan tindak lanjut program-program OASE KK. Seperti seminar ini, imbuhnya, sejalan dengan dengan program pemerintah untuk menciptakan manusia-manusia berkarakter.

“Sesuai dengan pragram revolusi mental, manusia berkarakter harus dibina sejak dini, sejak anak-anak,” kata dia. Selain kegiatan seminar, Persatuan Dharma Wanita Kementerian BUMN juga mempunyai kegiatan lain, yang bersifat sosial dan ekonomi.

Dijelaskan, yang bersifat sosial seperti melakukan penghijauan dengan penanaman pohon, penyluhan program keluarga berencana (KB), penyuluhan masalah bahaya narkoba, serta melakukan pembinaaan terhadap usaha-usaha kecil.

Source PIKA Jamkrindo Dorong Perempuan Lebih Kreatif

Leave A Reply

Your email address will not be published.