PHE ONWJ Bangun Instalasi Air Bersih untuk Masyarakat Desa Sedari

11

25/7/2019 | KARAWANG — Salah satu fokus utama Program Desa Siaga Sedari yang diinisiasi PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) adalah  meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang.

Desa Sedari memiliki 4.730 warga yang terisolir karena medan tempuhnya yang memiliki ketergantungan terhadap pasang surut air laut dan lebih dari 50% masyarakatnya tidak memiliki pekerjaan, terlebih lagi wilayah tersebut sudah terkena dampak abrasi pantai.

Keterbatasan akses air bersih menjadi salah satu faktor dominan yang menunjukan rendahnya tingkat kesehatan, selain itu Desa Sedari sering mendapatkan kiriman sampah atau limbah dari laut.

Selama ini, air hujan adalah salah satu air sumber air bersih yang paling penting pada wilayah ini. Melihat hal tersebut, PHE ONWJ yang merupakan perpanjangan tangan dari Pertamina membuat Reverse Osmosis (RO) yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, sebagai air minum yang dapat dimanfaatkan sepanjang waktu.

Instalasi Reverse Osmosis (RO) yang dilakukan PHE ONWJ merupakan upaya segera yang dapat dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan air minum keluarga di Desa Sedari. Instalasi RO dilaksanakan di dua dusun di Desa Sedari, terutama di wilayah yang sangat bermasalah dengan air minum dan memiliki akses yang cukup baik dari berbagai dusun di Desa Sedari, keberadaan instalasi air reverse osmosis (RO) sangat penting untuk investasi kesehatan di Desa Sedari. RO memungkinkan kebutuhan air sebagai nutrisi esensial untuk tubuh manusia harus dapat dipertahankan dan jika mungkin aksesnya diperluas.

Berawal dari kesehatan inilah Desa Sedari turut membangun Desa Siaga Sedari, selain Siaga kesehatan Desa Sedari juga membentuk Siaga Ekonomi dengan membentuk UKM yang memberdayakan masyarakat, selain itu Siaga Pendidikan, Siaga Lingkungan, dan Siaga Bencana.

Source PHE ONWJ Bangun Instalasi Air Bersih untuk Masyarakat Desa Sedari

Leave A Reply

Your email address will not be published.