PGE Area Lahendong Peduli Lautan di Teluk Manado

19

24 Agustus 2018 — Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong melakukan penanaman tunas terumbu karang pada media buatan di Teluk Manado tepatnya di lokasi Malalayang – Kota Manado (17/8).

Melalui program CSR transplantasi atau penanaman terumbu karang ini telah tertanam sebanyak -/+ 636 tunas karang pada media buatan di Teluk Manado/Malalayang yang dilakukan oleh penyelam-penyelam Pertamina. Kota Manado dikenal dengan keindahan bawah lautnya yaitu Taman Laut Nasional Bunaken, namun disisi lain di pesisir Kota Mando sendiri terdapat potensi wisata dengan terumbu karang yang perlu dijaga kelestariannya. Beranjak dari hal tersebut maka kegiatan ini dilaksanakan. General Manager PGE Area LHD Salvius Patangke menerangkan “Kegiatan ini selain komitmen kami dalam menjaga kelestarian lingkungan, disisi lain diharapkan dapat menunjang program Pemda Sulut atau Manado mengenai kepariwisataan dan penelitian kelautan lainnya”.

Kegiatan penanaman ini dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2018 oleh ± 40 penyelam yang tergabung dalam Pertamina Diving Club dengan melibatkan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia Wilayah Sulut (POSSI Sulut). Penanaman terumbu diawali sebelumnya dengan kegiatan pengibaran bendera bawah air memperingati HUT RI ke-73 yang dilaksanakan oleh Pertamina Diving Club yang juga mengambil lokasi disekitar Malalyang. Kegiatan ini disambut baik oleh komunitas penggiat olahraga selam di sekitar Teluk Manado karena kegiatan ini dapat turut serta memperbaiki kondisi terumbu karang khususnya pada daerah Teluk Manado yang kian menurun kondisinya dan juga manfaat lainnya kedepan dapat sebagai objek penyelaman baik untuk tujuan wisata selam maupun penelitian kelautan sehingga bermanfaat bagi banyak pihak.

Source PGE Area Lahendong Peduli Lautan di Teluk Manado

Leave A Reply

Your email address will not be published.