Petani Paprika Binaan PTPN VIII diarahkan Ekspor

33

20 Januari 2017 — Komoditas Cabai paprika menjadi salah satu usaha yang dikembangkan dalam pembinaan kelompok tani sekitar sejumlah unit perkebunan yang dikelola PT Perkebunan Nusantara VIII. Dari sejumlah produksi yang dihasilkan kelompok tani binaan, panenan cabai paprika tersebut diarahkan mampu menyuplai kebutuhan luar Pulau jawa.

Gambaran tersebut muncul pada panen perdana cabai paprika di Kelompok Tani Esjees, mitra binaan PTPN VIII kebun Montaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (19/1/2017). Panen tesebut dihadiri oleh Direktur Manajemen Aset PTPN VIII, Gunara dan Manajer Kebun Montaya, Salan Indrayani.

Melalui keterangan tertulis, Gunara menyebutkan, saat ini pasar cabai paprika masih terpusat ke Jakarta.

“Namun, ke depannya para petani ini akan memenuhi kebutuhan pasar di luar Jawa, seperti Batam dll, bahkan akan membuka ekspor,” ujar Gunara yang juga Pembina PKBL PTPN VIII.

Pada tahun 2017 PTPN VIII mencanangkan program kerja bidang program kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang menitikberatkan sektor pertanian dan perkebunan. Polanya melalui sitem klaster yang sekalibgus melakukan pembinaan menumbuhkembangkan potensi koperasi dan usaha kecil bidang pertanian, agar mampu berperan serta dalam pembangunan perekonomian daerah maupun nasional. Membuka pasar

Soal pembinaan cabai Paprika di kelompok Tani Esjees, menurut Gunara, pada Oktober lalu melalui Unit PKBL kebun Montayamenyalurkan pinjaman modal manfaat Rp. 483 juta kepada kelompok tersebut. bantuan modal itu sudah menghasilkan panen perdana cabai paprika.

Dikatakan, penyaluran dana Program Kemitraan ini diberikan kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usaha agar bisa lebih baik, untuk menunjang produktivitas usaha.

“kedepan upaya dilakukan Pembina PKBL PTPN VIII adalah terus membina dan memberikan modal, mengikutsertakan pameran dan pelatihan. Kami terus mengawalnya, serta akan membantu membuka pasar,”kata Gunara.

Disebutkan, sejumlah pembinaan-pembinaan yang diberikan kepada petani diantaranya adalah membantu proses alih teknologi, pengetahuan dan manajemen kepada kelompok tani dan pengusaha kecil agar dapat mengembangkan usahanya. Ketua Kelompok Tani Esjees, kampung Coblong, Desa Gunung Halu, Sutardi, mengatakan

“Alhamdulilah dengan adanya bantuan ini kami merasa terbantu mengembangkan produktivitas tanaman kami. Soalnya, kami bisa lebih mengembangkan jenis parika yang ditanam dan perawatannya lebih intensif,” ujar Sutardi.

Source Petani Paprika Binaan PTPN VIII diarahkan Ekspor

Leave A Reply

Your email address will not be published.