Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017 Resmi Dibuka

32

12 Oktober 2017

Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017 atau Nusa Dua Fiesta 2017 (NDF 2017) resmi dibuka malam kemarin.  Dihadiri oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Wakil Gubernur (Wagub) Bali I Ketut Sudikerta, pembukaan NDF 2017, yang berlangsung di Pulau Peninsula, kawasan pariwisata the Nusa Dua, Bali, menampilkan rangkaian pertunjukan kolosal yang memadukan budaya dan teknologi, dan ditutup dengan pertunjukan kembang api.

Ragam budaya daerah di Indonesia yang dikemas dalam sajian karnaval berbalut fashion nan megah dan penuh warna, serta kolaborasi seni teknologi berupa tarian laser oleh laserman, menjadi acara utama pembukaan NDF 2017.   Pertunjukan kolosal tersebut menjadi representasi dari kekayaan atau warna-warni potensi pariwisata Indonesia, kekayaan potensi pariwisata Bali, dan kekayaan potensi the Nusa Dua sebagai salah satu destinasi pariwisata terbaik di dunia, yang sesuai dengan tema NDF 2017 “The Colours of Nusa Dua”.

Menpar Arief Yahya mewakilkan sambutannya kepada pemutaran video A Journey to a Wonderful World, yang memenangkan dua awards pada kompetisi video pariwisata dunia UNWTO di Chengdu China 15 September lalu.

”Kini pembukaan Nusa Dua Fiesta lebih Indonesia. Walaupun temanya ‘The Colors of Nusa Dua”, namun lebih nusantara. Event ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, selamat kepada ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation,Red) sebagai pelaksana event ini,” ujar Menpar Arief Yahya usai pembukaan Pesona Nusa Dua Fiesta 2017.

NDF 2017 yang digelar 11 – 15 Oktober 2017 akan diisi dengan berbagai acara seperti Beach Movie, Nusa Dua Coffee Week, Cooking Attraction, Ice Cream Parlour, dan Pertunjukan musik, Mandiri Fashion Carnaval, dan pertunjukan kesenian tradisional.

Dengan Bank Mandiri sebagai menjadi pendukung mayoritas perhelatan NDF 2017, Menpar Arief Yahya menilai penyelenggaraan NDF menunjukkan perkembangan yang semakin positif.  Hal ini juga sesuai dengan harapan-harapan Menpar bahwa event the Nusa Dua tidak saja diisi dengan dengan event MICE namun juga event non-MICE atau informal semacam NDF yang dapat diselenggarakan secara tahunan, mengambil waktu-waktu tertentu.

Event seperti ini, imbuh Menpar, tidak saja diharapkan menambah jumlah kunjungan wisatawan ke the Nusa Dua, tapi juga menambah atraksi untuk wisatawan MICE yang datang ke the Nusa Dua, sehingga mau tinggal lebih lama di kawasan ini.  ”Jadi jika ada event yang dilaksanakan pada akhir pekan, maka akan membuat long stay lebih lama di Nusa Dua, jadi wisatawan MICE akan menyaksikan dulu acara informal setelah formalnya rampung,” ujar Menpar.

Selain fashion carnival dan tarian laser, pembukaan NDF 2017 juga tampil dalam kemasan digital, dimana seluruh acara dibingkai dengan pemutaran video Wonderful Indonesia bagi pengunjung yang hadir.

“Pembukaan kali ini lebih digital, berbeda dengan tahun yang lalu,” ujar Wagub Bali Ketut Sudikerta.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan, agenda NDF sudah rutin digelar sejak 1996. Hingga 2017, frekuensi event yang ikut didukung oleh Kementerian Pariwisata ini sudah menembus angka 21 penyelenggaraan.

Ajang ini merupakan wujud apresiasi hotel dan tenant kepada pengunjung The Nusa Dua. Dengan mengangkat tajuk The Colours of Nusa Dua, event ini juga merupakan sarana promosi bagi kawasan pariwisata terintegrasi tersebut. “Untuk target tahun ini kami tetapkan sebanyak 30 ribu pengunjung,” katanya.

Terkait status awas Gunung Agung, Bali, the Nusa Dua termasuk kawasan yang aman karena terletak sejauh 60 km dari lokasi Gunung, jauh dari radius 9-12 km yang dimasukkan oleh BNPB sebagai kawasan zona Merah atau tidak boleh didekati.

Hari pembukaan NDF 2017 11 Oktober 2017 ditutup dengan penampilan Gus Teja dan Java Jive.

Source Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017 Resmi Dibuka

Leave A Reply

Your email address will not be published.