Pesona Kumandang Quran di Bandar Deli

29

29 Januari 2018 — USAI Maghrib, halaman terminal penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan sudah dipe­nuhi tidak kurang dari 2.000-an umat Islam. Mereka terdiri atas orang tua, muslimah, dan anak-anak.

Mereka rela berdesakan dan antu­sias mendatangi lokasi tersebut karena pada malam itu tampil tiga qari internasional: dua orang dari Mesir dan seorang lainnya dari Indonesia.

Malam itu, ketiganya menggelar haflah Quran atau melantunkan Quran. Haflah Quran ini merupakan bagian dari kegiatan Tabligh Akbar dan Haflah Alquran Internasional yang digelar PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bekerja sama dengan dengan Forum Ormas Islam Peduli Belawan.

Dua qari dari Mesir adalah Syeikh Mahmud Muhammad Hasan Athiyah dan Sheikh Mahmood Shahat. Semen­tara, qari internasional asal Indonesia adalah qari asal “kampung halaman”, Medan, yakni H Drs H Fadlan Zai­nuddin. Sementara, tausyiah disampai­kan oleh Ustadz Dr H Ahmad Zuhri Lc MA.

Tampak menghadiri kegiatan terse­but antara lain General Mana­ger Pelindo 1 Cabang Bela­wan, Terminal Peti Kemas Domestik Bela­wan (TPK­DB), Belawan International Container Terminal (BICT), Walikota Medan yang diwakili oleh Camat Medan Belawan, Ahmad SP, unsur Muspida Medan Belawan, dan tokoh masya­rakat Belawan.

Tampil perdana dalam haflah terse­but adalah Fadlan Zainuddin. Dia melantunkan ayat-ayat suci Alquran selama sekitar 30 menit. Ribuan umat Islam yang hadir terlihat khusyuk mengikuti pengajian tersebut.

Baru kemudian secara berturut-turut tampil Syeikh Mahmud Muham­mad Hasan Athiyah dan Sheikh Mahmood Shahat. Keduanya juga masing-masing tampil sekitar 30 menit.

Haflah ketiga qari internasional ini berhasil memukau umat Islam yang hadir dalam tabligh akbar tersebut. Bahkan, tidak sedikit di antara mereka yang mengaku merinding karena merdunya lantunan kitab suci tersebut.

Ketua Forum Ormas Islam Peduli Belawan, Badlun, mengung­kapkan, kegiatan ini menjadi suatu wadah berkumpul untuk mem­bangkitkan semangat kebersamaan persaudaraan muslim serta mempererat tali silatu­rahmi masyarakat muslim Kota Medan dan Belawan.

“Kita sangat mengapresiasi Pelindo 1 yang mengajak Forum Ormas Islam Peduli Belawan untuk bekerja sama menyelenggarakan kegiatan yang positif untuk masyarakat Belawan. Semoga dengan terselenggaranya ke­giatan seperti ini mampu meningkatkan kualitas iman kita semua,” ungkapnya. Sementara, dalam sambutannya, General Manager Pelindo 1 Cabang Belawan, Yarham Harid menyampaikan teri­ma kasih kepada seluruh masyarakat Medan dan Belawan yang hadir meramaikan Tabligh Akbar dan Haflah Al quran.

Ada sekitar 2.000 masyarakat Medan dan Belawan yang hadir pada acara malam hari ini. “Kami sangat mengapresiasi antuasias masyarakat yang sangat tinggi atas kegiatan ini. Pelindo 1 juga mohon didoakan agar diberikan kelancaran dalam perjalanannya melakukan proses bisnis kami,” katanya.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menambahkan bahwa dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan santunan bagi anak yatim serta pemberian 2.000 kitab suci Alquran secara simbolis ke­pada seluruh peserta tabligh akbar dan haflah Alquran internasional.

“Pengajian akbar seperti ini jangan digelar di Belawan. Semoga kegiatan seperti ini bisa mempertebal keimanan generasi muda serta menjauhkan anak-anak kami dari pengaruh narkoba,” kata Abdullah, warga Kampung Nelayan, Belawan.

Source Pesona Kumandang Quran di Bandar Deli

Leave A Reply

Your email address will not be published.