Perum Perindo Tinjau Lokasi Tambak Udang di Takalar

17

Takalar, 26 Juni 2019 | Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda meninjau tambak udang di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan bersama dengan Kadis Perikanan Pemkab Takalar dan jajarannya, Rabu (26/6/2019). Hal ini merupakan tindak lanjut MoU tentang usaha budidaya perikanan. Pemkab Takalar menyediakan 1.000 hektare lahan untuk dikelola Perum Perindo. Kerja sama dengan Pemkab Takalar berasal dari inisiasi Bupati Takalar untuk melakukan zonasi daerahnya. Pasalnya, terdapat 4 kecamatan yang akan difokuskan untuk pengembangan industri perikanan. Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda menyambut baik kerja sama ini. “Kami siap mengelola lahan tambak yang disiapkan Pemkab Takalar,” katanya.

Namun, tahap awal akan disegerakan kerja sama untuk luasan 20 hektare dengan konsep budidaya perikanan terintegrasi. Lahan tersebut akan dijadikan tambak udang vannamei, bandeng dan nila di saluran ipal. Selanjutnya, hutan mangrove akan dibudidayakan kepiting bakau dan lobster. Rencananya, lokasi yang segera dikerjasamakan yakni di Desa Laikang, Takalar.

Daerah sekitar sebagian besar bermatapencaharian sebagai petambak dan nelayan. Bupati Takalar Syamsari berharap kerja sama dengan Perum Perindo bukan sebatas daerah yang 20 hektare tapi juga untuk zonasi yang 1.000 hektare. Bupati berharap kerjasama dengan Perum Perindo dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat Takalar. Pasalnya, masyarakat sekitar membutuhkan pendampingan dalam budidaya perikanan dengan program bumdes dan program pemerintah lainnya di Takalar.

“Sebagai pimpinan daerah, saya mensupport 100% program yang akan dilakukan Perum Perindo di Takalar baik dari sisi kebijakan maupun infrastruktur,” tuturnya. Perum Perindo sendiri sudah melakukan survei lahan sebanyak 2 kali. Selain itu, Perum Perindo telah melakukan uji sampling tes kadar air di laboratorium dan hasilnya dapat direkomendasikan untuk melakukan budidaya perikanan di kawasan Takalar.

Source Perum Perindo Tinjau Lokasi Tambak Udang di Takalar

Leave A Reply

Your email address will not be published.