Perum LPPNPI dengan BASARNAS tandatangani Nota Kesepahaman

246

Tangerang, 28 Januari 2015 – Sebagai bentuk keseriusan dan komitmen dalam meningkatkan keselamatan dan pelayanan dalam penyelenggaraan navigasi penerbangan sipil di tanah air, Rabu Tanggal 28 Januari 2015 telah dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Perum LPPNPI dengan BASARNAS tentang pelayanan informasi pencarian dan pertolongan di Ruang Auditorium Kantor Pusat Gedung AirNav Indonesia Jalan H. Juanda, Neglasari, Tangerang. Penandatanganan Nota Kesepahaman itu dilakukan oleh Direktur Utama Perum LPPNPI serta Kepala Badan SAR Nasional.

Nota Kesepahaman dimaksud merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan serta Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2012 tentang Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia terkait dengan pelayanan informasi pencarian dan pertolongan serta untuk menindaklanjuti adanya finding ICAO USOAP terkait belum adanya kerjasama antara Perum LPPNPI dengan BASARNAS.

Pelayanan informasi pencarian dan pertolongan merupakan salah satu pelayanan yang menjadi kewajiban Perum LPPNPI sebagaimana diamanahkan peraturan perundang-undangan. Lebih lanjut, sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun  2014,BadanSAR Nasional (BASARNAS) merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian di Indonesia yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pencarian dan pertolongan. Untuk itu dalam rangka pelayanan informasi pencarian dan pertolongan Perum LPPNPI dan BASARNAS memandang perlu adanya kerjasama dan koordinasi yang kuat guna bersama-sama mewujudkan keselamatan dan keamanan penerbangan Indonesia sesuai dengan standar internasional.

Adapun muatan dalam Nota Kesepahaman tersebut meliputi tukar menukar informasi, sistem koordinasi terpadu dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, latihan operasi SAR bersama, dan koordinasi penyelanggaraan operasi SAR. Aspek lain yang tidak kalah pentingnya adalah Nota Kesepahaman ini juga akan ditindaklanjuti dengan perjanjian pelaksanaan teknis operasional yang akan dibuat di Kantor Pusat, Kantor Cabang/Distrik Perum LPPNPI dengan Kantor SAR di daerah guna menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Diharapkan dengan kerjasama ini, dapat terjadi harmonisasi langkah atau program kerja antara Perum LPPNPI dan BASARNAS, sesuai tugas pokok masing-masing dengan output terjaganya pelayanan navigasi penerbangan, sehingga mampu meningkatkan citra positif penerbangan sipil Indonesia di mata internasional.

Source Perum LPPNPI dengan BASARNAS tandatangani Nota Kesepahaman

Leave A Reply

Your email address will not be published.