Perum LPPNI Gandeng KNKT Tingkatkan Keselamatan Penerbangan Indonesia

73

Jakarta 2 Oktober 2015 – Semakin memantapkan visinya mewujudkan keselamatan penerbangan berstandar internasional, Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau yang dikenal dengan AirNav Indonesia menandatangani kesepakatan bersama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang bertujuan meningkatkan koordinasi, kerja sama, keselarasan, dan saling mendukung serta menghormati terhadap masing-masing tugas, fungsi, dan wewenang antara Perum LPPNPI dan KNKT.

Kesepakatan bersama ini berlandaskan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 tahun 2011 tentang Civil Aviation Safety Regulation (Casr) 172). Nota kesepahaman tersebut ditandatangani pada tanggal 2 Oktober 2015 di Jakarta oleh Bambang Tjahjono, Direktur Utama AirNav Indonesia dan Soerjanto Tjahjono selaku Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi.

“Secara garis besar, tujuan kerjasama ini adalah untuk mendefinisikan secara tepat dan jelas segala tugas, fungsi, dan tanggung jawab dari masing-masing lembaga, sehingga keselamatan penerbangan akan semakin baik lagi,” papar Bambang Tjahjono dalam sambutannya.

Adapun ruang lingkup kesepakatan ini meliputi empat poin utama, antara lain tukar-menukar data dan/atau informasi, investigasi keselamatan, pemanfaatan sarana dan prasarana, dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

“Kami berharap dengan adanya nota kesepahaman ini akan mempermudah bagi kita untuk mencari sesuatu yang terbaik bagi Indonesia. Diharapkan pula adanya diskusi, pembahasan, dan kerjasama yang mendalam demi meningkatkan keselamatan penerbangan di Indonesia,” ujar Soerjanto Tjahjono di sela-sela acara penandatanganan kesepakatan bersama.

Selain itu, kesepakatan bersama ini turut mengatur mengenai sosialisasi peraturan dan kebijakan tentang investigasi yang sasarannya adalah pegawai, anggota, investigator KNKT, karyawan Perum LPPNI dan pemangku kepentingan. Termasuk pula pengaturan tentang monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan kesepakatan bersama. Serta memberikan amanah untuk pengaturan teknis operasional pelaksanaan kesepakatan ini yang diatur lebih lanjut dalam bentuk pedoman kerja atau perjanjian kerja sama sesuai peraturan perundang-undangan. (Sekretariat Perusahaan)

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Corporate Secretariate
Perum LPPNPI-AirNav Indonesia
Telepon    : 021-55915000 ext.1130
Fax            : 021-55915100
Email        : [email protected]

Source Perum LPPNI Gandeng KNKT Tingkatkan Keselamatan Penerbangan Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.