Perum Jamkrindo Mendapat Apresiasi Penyelenggaraan Mudik

32

Jumat, 06 Juli 2018 21:40

Setelah musim mudik 2018 usai, seluruh pihak penyelenggara yang ikut serta melancarkan program mudik mendapat penghargaan sebagai bentuk apresiasi. Salah satu yang mendapat penghargaan adalah Perum Jamkrindo, yang telah memberangkatkan 1.300 pemudik dengan aman dan nyaman sampai kota tujuan.

Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko Perum Jamkrindo, I. Rusdonobanu menerima penghargaan yang diberikan dalam acara Malam Apresiasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018. Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Gedung Panca Gatra Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Juli 2018.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengucapkan terima kasih kepada semua penyelenggara mudik Lebaran 2018 yang juga ikut melancarkan mudik di tahun ini.

“Kepada seluruh pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2018/1439H, khususnya kepada mereka yang berperan pada penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tingkat Nasional, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya,” ujarnya.

Dalam acara ini, ada sembilan pihak yang menerima Piagam Penghargaan. Ke sembilan penerima penghargaan tersebut terdiri dari kementerian/lembaga, operator, dishub provinsi dan polda, BUMN, posko pusat, media, mitra mudik gratis, pemerintah daerah, serta komunitas.

Di malam apresiasi tersebut, Budi juga menyampaikan bahwa Pos Koordinasi Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu dan Kegiatan Mudik Gratis Tahun 2018/1439H telah diselenggarakan dengan aman, lancar, dan selamat.

“Penyelenggaraan Angkutan Lebaran dan penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tingkat Nasional Tahun 2018 secara umum telah dilakukan dengan sebaik-baiknya. Koordinasi dan kerja nyata bersama-sama seluruh instansi pemerintah dan stakeholder terkait telah kita lakukan secara optimal. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dan telah bekerja 18 hari selama 24 jam penuh,” kata Budi.

Tidak hanya itu, ia juga turut menyampaikan rasa apresiasi kepada petugas lapangan yang telah membantu kelancaran arus mudik. Dengan kerja keras tersebut, tingkat kecelakaan pada mudik Lebaran 2018 secara umum mengalami penurunan. Adapun jumlah mudik gratis yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah dan swasta mengalami peningkatan.

“Program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub, BUMN, dan perusahaan swasta secara total mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017, di mana mudik gratis sepeda motor mengalami kenaikan sebesar 42,74% dari 29.065 sepeda motor menjadi 41.468 sepeda motor, dan mudik gratis penumpang mengalami kenaikan 63,25% dari 171.606 orang menjadi 280.141 orang,” jelasnya disusul dengan tepuk tangan seluruh hadirin.

Tidak hanya itu, Budi juga meyerahkan santunan untuk ahli waris dari dua orang petugas tol yang meninggal ketika bertugas saat mudik kemarin. Dua petugas itu yakni Famhi Hasyim dan Uus Rustiyana. Penyerahaan santunan tersebut dilakukan bersama Jasa Raharja yang juga telah memberikan santunan kepada ahli waris korban.

Di kesepatan yang sama, ia pun menyampaikan rasa duka cita kepada korban dari KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau toba beberapa waktu lalu. Apresiasi juga ia berikan kepada Basarnas yang telah mengupayakan pencarian korban kecelakaan KM Sinar Bangun secara maksimal.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menuturkan bahwa persiapan Angkutan Lebaran 2018/1439H telah dilaksanakan sejak awal 2018 dan telah melalui berbagai tahapan.

“Persiapan rangkaian kegiatan Angkutan Lebaran 2018/1439H telah dilakukan sejak Januari 2018, dimulai dengan berbagai tahapan yang melibatkan berbagai pihak seperti rapat koordinasi awal, rapat koordinasi lanjutan, rapat koordinasi lintas sektoral Kementerian Perhubungan, kunjungan lapangan, survei jalur lintas pantura, rapat koordinasi dengan BUMN terkait, rakor menteri, kapolri, serta 15 gubernur, pelaksanaan rampcheck, mudik gratis, hingga penutupan posko Angkutan Lebaran 2018/1439H,” jelasnya.

Dalam acara yang sama, ada pula pemberian penghargaan bagi pemenang lomba fotografi Cerita Mudik Guyub Rukun yang telah diselenggarakan oleh Kemenhub.

“Ditjen Perhubungan Darat juga melakukan kegiatan pemilihan video reportase terbaik selama penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018/1439 H. Penghargaan diberikan kepada tim petugas lapangan pos koordinasi kegiatan Angkutan Mudik Lebaran 2018/1439 H dengan beberapa kategori, antara lain Video Live Terbaik, Video Non-Live Terbaik, dan Video Terunik,” tambahnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Bank Negara Indonesia sebagai sponsor utama dan PT Jasa Raharja sebagai sponsor pendukung yang telah membantu dalam kelancaran acara Malam Apresiasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat dan memberikan motivasi agar penyelenggaraan Angkutan Lebaran berikutnya menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Source Perum Jamkrindo Mendapat Apresiasi Penyelenggaraan Mudik

Leave A Reply

Your email address will not be published.