Perum Jamkrindo Dukung Program JARING

17

Senin, 16 Mei 2016 | 15:25

SEMARANG | Perum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) mendukung penuh program Jaring (Jangkau, Sinergi, dan Guideline) yang digagas Otoritas Jasa keuangan (OJK) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Program ini bertujuan mengejawantahkan salah satu program pemerintah dengan sasaran utama mengangkat pembangunan maritim melalui pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan.

Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar mengatakan bahwa Jamkrindo mendapatkan tugas dalam membantu dan mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah serta koperasi (UMKMK) untuk mengakses modal perbankan.

“Jamkrindo mendukung akses pembiayaan dengan penjaminan khususnya di sektor kemaritiman, sektor ini menjadi primadona,” katanya.

Dia menjelaskan, program Jaring ini bertujuan menjawab kebutuhan stakeholder terhadap informasi tentang database kelautan dan perikanan, skim pembiayaan, pemetaan risiko bisnis, dan dukungan regulasi dari otoritas terkait.

“Sasaran utama Program Jaring adalah peningkatan pertumbuhan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan (KP) dengan target pertumbuhan pembiayaan lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, Perum Jamkrindo melalui Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) telah kerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) melakukan MoU tentang penjaminan pembiayaan berorientasi ekspor dan ekonomi kreatif, termasuk di dalamnya ekspor bidang kelautan dan perikanan.

Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo menambahkan, dengan adanya jaminan dari Jamkrindo maka perbankan akan lebih berani untuk menyalurkan kreditnya kepada UMKM termasuk untuk para nelayan.

“Banyak yang bisa dikembangkan dari sektor perikanan ini, karena potensinya sangat besar,” katanya.

Selain penjaminan program yang utama yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR), Perum Jamkrindo juga memiliki banyak produk penjaminan yang lain di antaranya Penjaminan Kredit Umum, Penjaminan Kredit Mikro, Penjaminan Kredit KPR, Penjaminan Kredit Konstruksi dan Pengadaan Barang & Jasa, Surety Bond, Customs Bond.

Perum Jamkrindo juga bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan dalam pembiayaan KPR, Factoring, pembiayaan otomotif dan lainnya.

“Tugas Perum Jamkrindo bertambah dengan diterbitkannya PP Nomor 1 Tahun 2016, di mana Perum Jamkrindo ditunjuk sebagai Lembaga Pelaksana Penjaminan Sistem Resi Gudang.

Melalui penjaminan sistem resi gudang diharapkan mendorong tingkat kesejahteraan petani,” ungkapnya.

Source Perum Jamkrindo Dukung Program JARING

Leave A Reply

Your email address will not be published.