Pertamina Trans Kontinental Tingkatkan Kapabilitas Kader Posyandu Balikpapan

27

17 September 2018 —¬†Pertamina Trans Kontinental (PTK) bekerja sama dengan Pertamedika mengadakan pelatihan untuk kader Posyandu, di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan, pada (13-14/9/2018). Sebanyak 20 kader dari 10 Posyandu di Kelurahan Margo Mulya mengikuti program upskilling tahap 1 tersebut.

Menurut Kepala Operasi PTK Cabang Balikpapan Ari Pambudi, upskilling ini bertujuan menambah pengetahuan dan kapabilitas kader Posyandu, seperti mengajarkan senam ibu hamil, menerapkan gizi seimbang bagi ibu hamil, pemantauan pertumbuhan balita, dan lain-lain.

“Pelatihan ini merupakan kegiatan CSR bidang kesehatan PTK yang pertama dilaksanakan di Balikpapan. Selain bentuk kepedulian kami terhadap kader Posyandu, kegiatan CSR ini merupakan rangkaian dalam rangka HUT ke-49 PTK yang diperingati setiap tanggal 9 September,” jelas Ari.

Ia berharap, program ini dapat memberikan manfaat maksimal untuk meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak, serta menurunkan angka kematian bayi, anak balita, dan angka kelahiran.

Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Balerina mengapresiasi upaya PTK tersebut. “Pelatihan ini menjadi motivasi bagi kader Posyandu dalam membangun masyarakat di sekelilingnya untuk semakin peduli pada kesehatan ibu dan anak. Saat ini, di kota Balikpapan ada sekitar 30% penderita gizi buruk. Ini yang menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menurunkan angka tersebut,” tegasnya.

Selama dua hari, para peserta antusias mengikuti pelatihan tersebut. Bahkan pada akhir acara, Manager PTK Cabang Balikpapan Elia Karimati secara simbolis memberikan bantuan sarana untuk kegiatan Posyandu.

“Kami berharap materi yang diberikan selama dua hari dapat menambah wawasan kader Posyandu dan ilmunya dapat dibagikan ke kader lainnya di lingkungan masing-masing,” pungkas Elia.

Source Pertamina Trans Kontinental Tingkatkan Kapabilitas Kader Posyandu Balikpapan

Leave A Reply

Your email address will not be published.