Pertamina Tingkatkan Kemandirian Masyarakat Kariangau

15

21/7/2019 | BALIKPAPAN — Sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan, Pertamina memberikan bantuan CSR pengembangan wisata dan pemberdayaan masyarakat melalui program Ekowisata Mangrove Kariangau.

Terletak di kawasan Jembatan Ulin Kariangau, Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama dengan Operation Head Depot LPG Balikpapan Ali Akbar meresmikan rumah makan apung sebagai salah satu bagian dari program Ekowisata Mangrove Kariangau, Minggu (21/9/2019).

Menurut Ali, program CSR Depot LPG Balikpapan dilaksanakan karena melihat potensi pemberdayaan masyarakat dan pengembangan wisata di kawasan Jembatan Ulin Kariangau. “Program CSR yang dilaksanakan berupa budidaya kepiting bakau, pelatihan pembuatan produk makanan olahan, dan pembangunan rumah makan berbentuk perahu yang menjadi tempat pemasaran hasil produk tambak dan makanan olahan buatan masyarakat,” jelas Ali.

Sasaran dari program CSR Depot LPG Balikpapan ini adalah masyarakat RT 01 & 02 Kariangau. “Penerima manfaat program ini tidak hanya kaum pria yang tergabung dalam kelompok nelayan Semangat Baru Kariangau, namun juga dirasakan oleh para ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok Kariangau Lestari” imbuh Ali.

Pertamina yang bekerja sama dengan Econatural berupaya selalu melibatkan masyarakat mulai tahap perencaaan hingga pelaksanaan. Pembangunan keramba dan rumah makan tersebut dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat Kariangau, sehingga menumbuhkan rasa memiliki dari masyarakat terhadap bantuan yang telah diberikan oleh Pertamina. Dalam kegiatan peresmian bantuan CSR Depot LPG Balikpapan tersebut, Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan harapannya agar keberadaan rumah makan apung di Kariangau mampu menjadi ikon wisata baru di wilayah Kariangau dan dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kariangau.

“Semoga masyarakat terus aktif menjaga kelestarian mangrove di wilayah tersebut, karena selain melindungi lingkungan, mangrove juga merupakan sumber pakan untuk kepiting yang dibudidayakan. Keberlangsungan program ini juga sangat bergantung pada kelestarian kawasan mangrove,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Rizal juga mengunjungi keramba dan melakukan penebaran bibit kepiting serta menyerahkan secara simbolis bantuan bibit mangrove yang akan ditanam untuk menambah kelestarian kawasan.

Source Pertamina Tingkatkan Kemandirian Masyarakat Kariangau

Leave A Reply

Your email address will not be published.