Pertamina Lestarikan Lingkungan Tanam Mangrove di Sumatera Barat

15

21 Januari 2018 — Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau melakukan penanaman 10.000 Batang Mangrove di kawasan Hutan Mangrove Desa Apar Pariaman sebagai upaya menjalankan komitmen perusahaan dalam pelestarian lingkungan hidup, pada Kamis (28/12/2018). Penanaman secara simbolis dilakukan oleh Operation Head DPPU Minangkabau Ridwan beserta Walikota Pariaman Mukhlis Rahman.

“Penanaman bibit mangrove bertujuan sebagai pelindung ekosistem alam serta habitat biota laut dan pesisir. Selain itu mangrove juga berguna untuk mengurangi dampak abrasi dan sedimentasi yang berdampak buruk bagi lingkungan pesisir,” ungkap Ridwan.

Selain berguna untuk pelestarian keanekaragaman hayati, program rehabilitasi hutan mangrove juga dapat memberi nilai tambah dari segi ekonomis. Buah mangrove dapat diolah menjadi sirup dan olahan lainnya, sehingga memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar.

Selain pemberian bibit mangrove, DPPU Minangkabau juga mengedukasi tentang mangrove kepada siswa SD hingga SMA di Pariaman serta pembuatan akses jalan yang nantinya dapat menarik wisatawan dari luar sehingga menambah objek wisata di Pariaman. Total bantuan senilai Rp 350 juta tersebut melibatkan unsur masyarakat dan kelompok petani mangrove yang dibantu oleh Tabuik Diving Club untuk melakukan pembibitan, penanaman dan merawat.

Source Pertamina Lestarikan Lingkungan Tanam Mangrove di Sumatera Barat

Leave A Reply

Your email address will not be published.