Pertamina Internasional EP Lestarikan Budaya Nusantara Melalui Festival Tunjukkan Indonesiamu

38

15/8/2019 | JAKARTA – Untuk mendukung upaya pemerintah dalam pelestarian budaya tradisional di Indonesia dan membangun semangat kampanye budaya, salah satu anak perusahaan bidang hulu Pertamina yang beroperasi di luar negeri, Pertamina Internasional EP (PIEP), berkolaborasi dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia menggelar kegiatan ”Festival Tunjukkan Indonesiamu” selama tiga hari, pada (2-4/8), di kawasan FX Sudirman, Ja­karta. Kegiatan ini sekaligus menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan wujud pelestarian seni tari dan musik tradisional.

Rangkaian acara terdiri dari talkshow terkait wastra Indonesia dan peragaan busana dari desainer lokal Indonesia. Selain itu, acara ini juga menampilkan UKM produk Indonesia, termasuk UKM mitra binaan Pertamina dan PIEP. Salah satunya adalah kreasi tenun Baduy.

Puncak acara Festival Tunjukkan Indonesiamu sukses diselenggarakan pada Minggu (4/8) pagi di Kawasan Car Free Day (CFD) Jakarta. Dalam kesempatan itu, Dewan Direksi Pertamina Internasional EP (PIEP), Dewan Komisaris PIEP, manajemen PIEP, serta perwakilan dari Yayasan Belantara Budaya Indonesia dan FX Sudirman melangsungkan seremoni pembukaan payung Geulis Tasikmalaya bertuliskan INDONESIA secara bersamaan.

Selanjutnya lebih dari 2. 000 penari tradisional melakukan flashmob dengan menampilkan berbagai tarian khas provinsi-provinsi di Indonesia secara bergantian. Seluruh pengunjung yang hadir, termasuk Dewan Direksi PIEP dan Dewan Komisaris PIEP, larut dalam keriuhan acara sambil mengikuti gerakan-gerakan dari pemimpin tari di atas panggung.

Acara ditutup dengan penampilan dari 100 penari Kabasaran Minahasa yang memukau para pengunjung dengan pakaian adat. Peran berbagai pihak untuk turut menyukseskan acara ini sangat besar dan diharapkan masyarakat Indonesia dapat terus menjadi masyarakat yang mencintai kebudayaannya sendiri dan bersemangat pada persatuan dalam keberagaman.

Tahun lalu, PIEP juga bekerja sama dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia mendirikan sekolah tari tradisional gratis di Keraton Kasepuhan Cirebon di bawah payung program CSR PIEP “Pertamina Budaya”. Pendirian sekolah ini dimaksudkan untuk melestarikan kebudayaan nasional, khususnya tarian-tarian tradisional dan keraton-keraton di Indonesia, serta memperkenalkan kekayaan nusantara hingga ke mancanegara.

Source Pertamina Internasional EP Lestarikan Budaya Nusantara Melalui Festival Tunjukkan Indonesiamu

Leave A Reply

Your email address will not be published.