Pertamina EP Temukan Cadangan Baru di Jatibarang

20

28 September 2018 — PT Pertamina EP (PEP) mempunyai wilayah kerja yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini membuat PT Pertamina EP mempunyai peluang besar untuk dapat meningkatkan cadangan dalam rangka menunjang ketahanan energi nasional.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan penemuan cadangan minyak & gas serta kondensat di area Jawa Barat melalui pemboran sumur eksplorasi Akasia Maju – 001 (AMJ-001).

Sumur AMJ-001 terletak di Desa Bulak Lor, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Sumur yang mulai ditajak pada tanggal 20 Maret 2018 menggunakan Rig PDSI#38.2/D1000-E, diselesaikan pada tanggal 20 Agustus 2018. Sumur tersebut dibor hingga mencapai kedalaman 2.517 meter.

Uji produksi berhasil mengalirkan hidrokarbon baik minyak ataupun gas. Salah satu uji produksi bahkan mampu mengalirkan minyak hingga 1.700 BOPD. Sementara hasil uji produksi lainnya juga mengalirkan gas dan kondensat.

Penemuan ini selain menjadi angin segar bagi PEP, juga membuka peluang eksplorasi yang masih potensial di area yang sudah dalam tahapan matang secara produksi. Saat ini sumur AMJ-001 sudah memasuki tahapan evaluasi pasca pemboran dan akan dilakukan penambahan sumur appraisal untuk mempercepat ke tahap pengembangan lapangan.

Pada kesempatan terpisah, Exploration & New Discovery Project Director PT Pertamina EP Achmad Alfian Husein berharap penemuan cadangan besar dapat menunjang kebutuhan energi nasional. “Kami akan terus berupaya dan bersinergi untuk memberikan hasil terbaik bagi negeri ini,” ungkapnya.

Source Pertamina EP Temukan Cadangan Baru di Jatibarang

Leave A Reply

Your email address will not be published.