Pertamina dan Bhayangkari Ajak Masyarakat Balikpapan Bersihkan Pantai Lamura dan Tanam Mangrove

11

23/7/2019 | BALIKPAPAN – Pertamina bersama persatuan istri Polri, Bhayangkari, melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai di Pantai Lamura, Balikpapan, pada Selasa (23/7). Kegiatan yang dilakukan mulai dari pemungutan sampah plastik di kawasan pantai, memanfaatkan sampah atau limbah plastik menjadi barang berguna, hingga penanaman bibit mangrove.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang, Ketua Umum Bhayangkari sekaligus Ketua Wanita Selam Indonesia (WASI) Tri Tito Karnavian, Duta Mangrove Indonesia Hamish Daud, Yayasan Bunda, dan masyarakat Balikpapan.

“Melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang dilakukan secara berkelanjutan, Pertamina berupaya untuk menjadi BUMN yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. Salah satunya kegiatan bersih-bersih pantai sampai penanaman mangrove dalam rangka HUT ke-73 Bhayangkara ini,” ujar Ignatius Tallulembang.

Dalam kesempatan itu, Ignatius Tallulembang, Hamish bersama Tri Tito Karnavian menyusuri pantai untuk meninjau langsung pembersihan pantai sekaligus melihat pemanfaatan limbah plastik yang dijadikan barang bermanfaat dari Yayasan Bunda.

“Ini merupakan hal yang kreatif. Sampah plastik diolah menjadi produk yang bernilai jual. Otomatis ekonomi masyarakat juga meningkat dengan kegiatan ini,” ujarnya sembari menyarankan untuk memanfaatkan sosial media dalam memasarkannya.

Menurut Ketua Bank Sampah dari Yayasan Bunda, Yuyun Porwanti, mereka mengumpulkan sampah dari masyarakat dengan sistem tabungan. “Kemudian beberapa warga lainnya mengambil bahan sampah dari sini dan dibuat produk. Kami membeli produk tersebut dan menjual kembali ke pasaran. Alhamdulillah, sudah banyak limbah plastik yang bernilai jual, seperti tas, celengan, sofa, dan hiasan bunga,” tutur Yuyun.

Di akhir acara, Duta Mangrove Indonesia Hamish Daud, Ignatius Tallulembang dan Tri Tito Karnavian mengajak masyarakat Balikpapan untuk turut berpartisipasi menanam bibit mangrove.

“Saya senang sekali melihat semua orang menanam mangrove hari ini. Semoga kegiatan ini dapat diteruskan di berbagai pantai wilayah Indonesia,” pungkas Hamish Daud.

Source Pertamina dan Bhayangkari Ajak Masyarakat Balikpapan Bersihkan Pantai Lamura dan Tanam Mangrove

Leave A Reply

Your email address will not be published.