Pertamina Ajak Siswa Sekolah Dukung Program Waste Free

15

16/8/2019 | PALEMBANG – Setelah  sukses dengan pembagian 1045 botol minum kepada siswa dan guru di SMAN 4 Palembang, untuk menunjang gaya hidup waste free kali ini bertepatan dengan Hari Pramuka,  Pertamina Refinery Unit III Plaju kembali mengampanyekan gaya hidup waste free dengan berbagai kegiatan bertema lingkungan.

Kegiatan kampanye bebas sampah ini dimulai dengan kegiatan jalan santai dan jelajah sampah yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru SMAN 4 Palembang yang berjumlah lebih dari 1000 orang.  Pada kegiatan  jalan santai, peserta diwajibkan memungut sampah plastik yang ada di jalan sebagai upaya untuk menjaga lingkungan bersih dari sampah. Tidak cukup sampai jalan santai saja, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi gaya hidup waste free yang dibalut dengan games tanya jawab terkait sampah.

Region Manager Communication &CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap pengurangan sampah yang ada di lingkungan sekitar generasi muda.

“Langkah kecil ini semoga menjadi salah satu pendorong semangat generasi muda untuk dapat lebih peduli terhadap penanggulangan permasalahan sampah.  Harus dimulai saat ini dan dari diri sendiri,” imbau Rifky.

Antusiasme para peserta begitu nampak terlihat.  Cuaca terik kota Palembang tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus mengikuti setiap rangkaian kegiatan diantaranya lomba pembuatan barang berbahan sampah bekas (3R), lomba pembuatan slogan dan pidato bertema lingkungan.  Sebelumnya, para siswa dan guru juga melakukan kegiatan bersih-bersih di sekitar Kelurahan Talang Bubuk, Plaju.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Adiwiyata Dra. Hj. Aya Sopia, M.Si  menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina yang telah menyelenggarakan acara kampanye bebas sampah di SMAN 4 Palembang.

“Saya sangat berterima kasih kepada pihak Pertamina yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, Saya berharap kegiatan yang dikemas dengan berbagai perlombaan untuk kampanye bebas sampah ini bisa membangkitkan semangat anak – anak untuk meminimalisir penggunaan sampah,” ujarnya.

Untuk mensukseskan rangakaian kegiatan program Sampah Akademi Pertamina RU III Plaju juga bekerja sama dengan Forum Daerah Aliran Sungai Sumatera Selatan (FORDASS) yang juga berfokus pada lingkungan. Kegiatan ini juga melibatkan Duta Cinta Lingkungan (Ducil) yang diharapkan bisa menjadi pelopor peduli lingkungan dan penerapan gaya hidup waste free.

Harapannya kegiatan bertema lingkungan ini bisa menjadi langkah awal untuk mengubah perilaku siswa agar bisa meminimalisir penggunaan sampah plastik dan menjadi inspirasi sebagai acara tahunan yang diselenggarakan di sekolah.

Source Pertamina Ajak Siswa Sekolah Dukung Program Waste Free

Leave A Reply

Your email address will not be published.