Perta Arun Gas Beri Kesempatan Praktik Kerja Lapangan kepada Mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe

12

22 September 2018 — PT Perta Arun Gas (PAG) kembali menerima Mahasiswa D3 Program Studi Pengolahan Minyak dan Gas Bumi Politeknik Negeri Lhokseumawe angkatan XI untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan periode September 2018 – Januari 2019. Pembukaan program ini dilaksanakan, di Gardenia meeting Room, Guest House, Komplek Perta Arun Gas, Lhokseumawe, pada (14/9/2018).

Menurut Production Planning & Process Engineer Manager PAG Surkani Manan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan kerja sama yang dilakukan PAG dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe pada tahun 2016, untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Program Studi Minyak dan Gas Bumi untuk magang.

“Awal tahun ini, kami membuat kurikulum atau modul khusus terkait dengan Praktik Kerja Lapangan atau OJT development. Pada saat memulai program PKL, para mentor dan peserta membuat daftar capaian pembelajaran yang ingin dicapai oleh setiap peserta. Setiap capaian pembelajaran dijadikan sebagai roadmap capaian akademis dan profesional masing – masing peserta,” jelasnya.

Program ini terdiri dari 6 proses mapping, yaitu Introduction to PAG, Unit Processes Orientation I, Unit Process Orientation II, Project Launch, Project Completion dan Final Report & Presentation. Di akhir masa PKL, akan dilakukan challenge session kepada mahasiswa yang mengikuti program, dimana akan dilakukan proses final evaluation dan program review.

“Challenge session ini dilakukan untuk memberikan ilmu dan menambah wawasan kepada para mahasiswa terkait flow bisnis PAG, pemahaman mengenai bisnis Regasifikasi, serta memberikan tanggung jawab kepada mahasiswa untuk ikut terlibat dalam melakukan evaluasi engineering di PAG. Para mentor akan memeriksa laporan akhir para mahasiswa dan turun serta memberikan nilai. Hal ini dilakukan agar ilmu yang diperoleh dan informasi yang diambil oleh para mahasiswa sesuai dengan kebutuhan,” jelas Surkani.

Surkani menambahkan, program ini merupakan salah satu program tanggung jawab Perusahaan (CSR) terkait dengan edukasi dan pemberdayaan generasi muda Aceh serta memenuhi peran PAG dalam pemberdayaan masyarakat melalui sharing knowledge.

“Semoga dengan adanya program PKL ini, PAG dapat ikut terlibat menciptakan generasi bangsa yang berpotensi dan mempunyai skill yang tinggi,” harap Surkani.

Semenjak beroperasi di tahun 2015, PT Perta Arun Gas sudah melaksanakan program PKL dengan menerima para mahasiswa dari Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Jumlah mahasiswa PKL yang telah dibina PAG sampai dengan saat ini telah mencapai lebih dari 450 mahasiswa.

Source Perta Arun Gas Beri Kesempatan Praktik Kerja Lapangan kepada Mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe

Leave A Reply

Your email address will not be published.