Persiapan Pertikawan 2018, Saka Wanabakti Perhutani Jalani Training di TN Alas Purwo

13

BANYUWANGI UTARA, PERHUTANI (04/10/2018) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Utara mengirim perwakilan Saka Wanabakti Ranting KPH Banyuwangi Utara untuk mengikuti Training Centre dalam rangka persiapan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan) Regional Jawa Timur Tahun 2018 di Sleman, Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 20 Oktober 2018.

120 orang anggota Pramuka Saka Wanabakti se-Kwarda Jawa Timur ditempa dalam Training Centre Pertikawan di Bumi Perkemahan Pasar Anyar, Taman Nasional Alas Purwo selama empat hari, mulai hari Sabtu (29/9/2018) hingga Selasa (2/10/2018).

Di hari pertama training, setelah pembukaan acara dilakukan pembentukan sangga (kelompok), setiap sangga berisi tujuh orang. Hari kedua, para peserta melatih kekuatan fisik dengan mengelilingi wilayah hutan konservasi Taman Nasional Alas Purwo dengan berjalan kaki. Di hari ketiga, peserta dibekali materi penanggulangan bencana kebakaran hutan dan materi lainnya. Di hari keempat dilakukan evaluasi seluruh kegiatan dan penutupan acara. Para peserta terlihat antusias dalam setiap kegiatan dari awal hingga akhir.

Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Utara, Agus Santoso melalui Pembina Sakawanabakti KPH Banyuwangi Utara Suwadi mengatakan bahwa Training Centre ini diikuti dengan tujuan agar adik-adik Saka Wanabakti siap menghadapi segala rintangan, menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki rasa toleransi yang tinggi terhadap lingkungan.

Pimpinan Saka Wanabakti Tingkat Nasional, Cipta, mengungkapkan rasa bangganya terhadap semangat adik-adik gerakan pramuka Saka Wanabakti yang mengikuti training.

“Saya merasa bangga dengan semangat para peserta training centre. Semoga kelak mereka menjadi rimbawan yang tangguh dan sukses. Pesan saya semoga anggota Saka Wanabakti Kontingen Jawa Timur sukses selalu dan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat nanti,” pungkasnya.

Salah satu peserta training, Olyn Magribi, utusan Saka Wanabakti pangkalan Perhutani KPH Banyuwangi Utara mengatakan bahwa kegiatannya sangat seru dan bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan serta kawan baru.

“Di sini kami diajarkan kebersamaan serta kemandirian, walaupun awalnya belum saling mengenal, pada akhirnya kami bisa mengenal dan membentuk rasa kekeluargaan. Semoga Kontingen Jawa Timur bisa menjadi kontingen terbaik,” ujarnya.

Source Persiapan Pertikawan 2018, Saka Wanabakti Perhutani Jalani Training di TN Alas Purwo

Leave A Reply

Your email address will not be published.