Perkuat Kelistrikan Jawa Timur, PLN Operasikan 7 Trafo Gardu Induk dan 2 Kapasitor

56

Pacitan, 11 Oktober 2016 – PLN kembali memperkuat pasokan listrik di Jawa Timur dengan menambah kapasitas tujuh unit trafo dengan total kapasitas 430 Mega Volt Ampere (MVA) dan dua kapasitor 2×25 Mega Volt Ampere reactive (MVAr). Trafo ini akan membantu pasokan listrik di Pacitan, Jombang, Blitar, Gresik, Surabaya dan sekitarnya. Tujuh trafo dan dua kapasitor 2×25 MVAr tersebut diresmikan langsung oleh Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN Amin Subekti, Selasa (11/10).

Dari ketujuh trafo tersebut, lima trafo 150/20 kV 60 MVA masing-masing di Pacitan (Kab. Pacitan), Rungkut (Kod. Surabaya), Cerme dan Altaprima (Kab. Gresik), Mojoagung (Kab. Jombang). Sedangkan, trafo 70/20 kV 30 MVA berada di Kab.Blitar dan satu unit trafo 150/70 kV di Manyar, Kab.Gresik yang dilakukan uprating dari 35 MVA menjadi 100 MVA. Penambahan kapasitas ketujuh trafo ini dilakukan selama sebulan terakhir. Adapun pengoperasian kapasitor 150 kV 25 MVAr berasa di Pamekasan dan Tuban.

Pada peresmian tersebut Amin mengatakan bahwa dengan tambahan trafo ini dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan baik tambah daya maupun pasang baru, dari kebutuhan rumah tangga sampai kebutuhan industri di Jawa Timur. Sedangkan pengoperasian kapasitor akan meningkatkan kualitas layanan kelistrikan, khususnya di Pulau Madura.

“Dengan jaminan suplai energi listrik yang mencukupi dan kualitas yg baik dari PLN, hal ini dapat mendorong kegiatan masyarakat umum dan memberikan kesempatan para pelaku bisnis dan investor untuk memajukan usahanya di Jawa Timur tanpa khawatir kekurangan listrik,” jelas Amin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pacitan Indartato menyampaikan apresiasinya terhadap kerja keras PLN yang telah melakukan peningkatan pelayanan.

“Kami bangga bahwa Pacitan sebagai tempat peresmian 7 trafo dan 2 kapasitor. Sebelumnya listrik di Pacitan sering byarpet. Tapi semenjak trafo ini beroperasi, warga tidak pernah mengeluh byarpet lagi kepada saya lewat SMS. Sekarang rasio elektrifikasi di Pacitan juga sudah mencapai 83%, jauh meningkat dibandingkan 5 tahun ke belakang,” ujar Indartato.

Selain itu, Indartato juga mendukung penuh untuk segera menindak para pelaku pelanggaran listrik yang melakukan penarikan listrik sembarangan.

“Soal pelanggaran listrik, saya akan bantu untuk memerangi para pelaku. Kami mohon maaf atas hal tersebut dan kami juga sudah menghimbau warga kalau itu pelanggaran,” tutur Bupati Pacitan dalam sambutannya.

Saat ini, terpasang 312 trafo dengan total kapasitas 21.281 MVA dan jumlah pelanggan di Jawa Timur sebanyak 10.405.173 pelanggan. Adapun beban puncak di Jawa Timur saat ini mencapai 5.211 MW dengan kapasitas terpasang 9.125 MW dan daya mampu pembangkit sebesar 8.561 MW. Dengan adanya penambahan kapasitas trafo beserta pengoperasian kapasitor, maka pasokan listrik ke pelanggan akan semakin kuat.

Selain pengoperasian trafo untuk memperkuat sistem kelistrikan di Jawa Timur, PLN juga memiliki Program 35.000 Megawatt (MW) dimana sebanyak 20.801 MW pembangkit, 11.185 kilometer-sirkit (kms) dan 66.083 MVA gardu induk di wilayah Jawa dan Bali ditargetkan akan beroperasi secara total pada 2019.

Kontak :
Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. [email protected]

Source Perkuat Kelistrikan Jawa Timur, PLN Operasikan 7 Trafo Gardu Induk dan 2 Kapasitor

Leave A Reply

Your email address will not be published.