Periode Pertama, Ujian Masuk Universitas Pertamina Serentak di 12 Kota

27

28 Januari 2018 — Universitas Pertamina (UP) mulai mengadakan ujian masuk secara serentak di 12 Kota di Indonesia, pada Minggu (28/1/2018). Ujian untuk gelombang pertama ini diikuti 1.623 peserta yang tersebar di Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Mataram dan Jakarta.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina Ichsan Setya Putra mengatakan, dari gelombang pertama ini akan diterima sebanyak 400-an mahasiswa. “Kami tetap menjaga selektivitasnya dengan rasio penerimaan mahasiswa 1:4,” jelasnya.

Salah satu calon mahasiswa, Lidya Novitasari mengatakan, ia mendaftar ke Universitas Pertamina karena nama besar BUMN tersebut. “Pertamina merupakan salah satu BUMN kebanggaan bangsa ini. Tentu universitas yang didirikan Pertamina pasti berkualitas bagus. Saya berharap, dengan kuliah di sini nantinya setelah lulus akan mampu bersaing di luar sana,” ujarnya.

Lain halnya dengan Rachmat Putra Setyadi. Ia ingin kuliah di Universitas Pertamina jarena tidak banyak kampus yang menyediakan jurusan geologi maupun geoscience. “Pilihan utama tetap universitas negeri. Tapi Universitas Pertamina sangat menjanjikan dengan jurusan geologinya, Karena memang salah satu pekerjaan utama Pertamina meneliti batuan untuk mencari sumber minyak,” tandas Rachmat.

Seperti diketahui, setiap peserta yang berasal dari jurusan IPA dapat memilih 2 dari 15 program studi (sains, teknik, dan sosial), siswa SMA jurusan IPS hanya dapat memilih 2 dari 4 program studi (Ekonomi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional), siswa SMA jurusan bahasa hanya dapat memilih 2 dari 3 program studi (Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional), dan siswa SMK dapat memilih sesuai dengan jurusan yang diterima oleh program studi tertentu.

Source Periode Pertama, Ujian Masuk Universitas Pertamina Serentak di 12 Kota

Leave A Reply

Your email address will not be published.