Peringati Harkitnas Ke-111, Pupuk Kaltim Ajak Seluruh Elemen Bersatu Membangun Bangsa

21

21 Mei 2019 | Tingkatkan rasa nasionalisme yang kuat dalam diri insan Perusahaan, Pupuk Kaltim gelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111, diikuti ratusan karyawan lintas departemen di halaman Kantor Pusat Pupuk Kaltim pada 20 Mei 2019.

Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana, sebagai pembina upacara membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Bagya mengatakan sejarah Indonesia tidak terlepas dari sumpah palapa, yang diucapkan Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara. Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia dan menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan Nasional untuk mengikat Indonesia secara de jure, yang diwujudkan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Peringatan Harkitnas sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa, sebagai konteks yang sesuai dengan masa kekinian Indonesia pasca pemilihan umum, dengan mengajak persatuan sesama anak bangsa. “Dalam kemajemukan bahasa, suku, agama dan kebudayaan, serta letak geografis, seharusnya mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita saling menjaga dari perbedaan pendapat dan bersatu,” papar Bagya.

Lebih lanjut, satu abad torehan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa, kata Bagya, telah membuktikan Indonesia mampu menjaga persatuan. Maka tak diragukan lagi, seluruh elemen kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat dan keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa. Apalagi peringatan Harkitnas kali ini dalam suasana Ramadhan, yang senantiasa menuntun umat untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan seperti permusuhan dan kebencian. “Hingga akhirnya pada ujung Ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati, lingkungan yang bersih dan hubungan kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita,” tambah Bagya.

Source Peringati Harkitnas Ke-111, Pupuk Kaltim Ajak Seluruh Elemen Bersatu Membangun Bangsa

Leave A Reply

Your email address will not be published.