Peringatan “May Day-2016 KIW” dihadiri Menteri dan Gubernur

56

Jakarta, 11 Mei 2016

Acara peringatan hari buruh internasional atau yang sering disebut May day diselenggarakan di KIW secara meriah. PT Sandang Asia Maju Abadi (PT SAMA) selaku tuan rumah mengatakan sukses dalam menyelenggarakan peringatan ini dan berterima kasih pada semua pihak yang mendukung acara ini. Peringatan May Day dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Hanif Dhakiri beserta isteri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta isteri, tamu undangan dan para buruh. Dalam kesempatan tersebut Gubernur menyatu dengan para buruh dengan melakukan joget bareng, tanya jawab dan membagi door prize.

Sebelum acara joget berlangsung, Gubernur dengan suasana yang santai melakukan tanya jawab ringan kepada seorang buruh PT SAMA. “May Day itu identik dengan demo? Kok sampeyan mboten demo, Mas?” Pertanyaan itu terlontar oleh Gubernur Jawa Tengah kepada Yuliyanto.

“Nggak ikut demo, Pak, wong sudah lumayan sejahtera,” jawabnya sambil tersenyum malu. Sembari menggoda Yuliyanto, Gubernur membalas, “Gayane. Nek sampeyan dipilih perusahaan dadi panitia May Day sesuk meh gawe apa Mas ben kabeh kancamu seneng?”

Dengan penuh semangat, Yuliyanto ingin acara May Day seperti yang dikunjunginya saat ini dapat diselenggarakan lagi tahun depan. Menurutnya, acara tersebut berlangsung meriah. Ada pementasan dangdut aliran musik favoritnya. Juga, banyak doorprize yang bisa mereka dapatkan. Gubernur kemudian meminta Yuliyanto untuk menyanyikan sebuah lagu dangdut kesukaannya.

“Satu lagu ya, berani nggak? Hadiahnya Rp 1 juta lhoo” ujar Gubernur agar Yuliyanto mau bernyanyi di panggung May Day.

Karena malu, akhirnya salah seorang rekan perempuan Yuliyanto yang unjuk gigi. Lirik Sambalado ciptaan Ayu Ting-Ting pun didendangkannya sembari berjoget. Di atas panggung yang sama, Gubernur tidak ragu berjoget bersama beberapa buruh. Aksi Gubernur itu langsung diikuti oleh sejumlah buruh. Satu per satu mereka maju untuk berjoget ria. Suasana semakin semarak ketika istri orang nomor satu di Jawa Tengah itu Hj Atikoh Ganjar Pranowo turut berjoget bersama istri Menteri Tenaga Kerja RI Marifah Hanif Dhakiri yang hadir pada acara tesebut. Marifah hadir untuk memastikan bahwa buruh perempuan PT SAMA yang berkeluarga telah mengikuti deteksi dini kanker leher rahim melalui tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat).

“Tahun 2015 sudah hampir 40.000 peserta tes IVA di Jawa Tengah. Target kita itu setiap tahun 5.000 orang. Alhamdulillah di Jawa Tengah sudah melebihi target. Tentu saja dengan adanya tes IVA, buruh perempuan di PT SAMA lebih sehat dan lebih produktif,” beber Marifah.

Salah seorang buruh perempuan PT SAMA, Puriah, mengaku awalnya takut untuk memeriksakan kesehatan leher rahimnya melalui tes IVA. Tapi dirinya memberanikan diri ikut tes itu karena ingin tahu bagaimana kesehatan reproduksinya. Apakah dirinya didiagnosa oleh dokter mengidap kanker serviks atau sehat.

“Tes IVA tidak sakit. Tes IVA aman. Yang lebih menyenangkan ketika dokter mengumumkan hasil tes saya negatif. Yes, saya bebas dari kanker serviks. Saya sampaikan itu kepada suami saya,” ujarnya sumringah.

Source Peringatan “May Day-2016 KIW” dihadiri Menteri dan Gubernur

Leave A Reply

Your email address will not be published.