Perhutani Tasikmalaya Tanam Kedelai Bersama Staekholder

7

TASIKMALAYA, PERHUTANI (25/03/2015) – Perum Perhutani bersama stakeholder (Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Dandim 0612 Tasikmalaya, Dinas Pertanian dan Badan Pusat Statistik) bersama-sama mendukung kedaulatan pangan dengan melakukan gerakan tanam kedelai seluas 50 hektar di Kampung Ciwalang, Desa Jatiwaras, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya (24/3).

Kegiatan dengan tema “ Gerakan Tanam Perdana Kedelai Tahun 2015“ dihadiri oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Muhammad Herindra, Bupati Tasikmalaya, UU Ruzhanul Ullum, Kepala Dinas Pertanian Henry Nugroho, Administratur Perhutani Tasikmalaya, Henry Gunawan, Kepala Dinas Pertanian, Wawan Setiawan, Kepala BPS, Ganjar Rahman, OPD, jajaran Muspika, Muspida, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan LMDH.

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI, Muhammad Herindra berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat menjadi tonggak kebangkitan produksi tanaman kedelai ke arah yang lebih baik dan untuk dapat disinergikan,didayagunakan sebesar-besarnya dalam mendukung program pembangunan sektor pertanian demi terwujudnya kedaulatan pangan, selain itu, kedaulatan pangan ini untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat pedesaan di wilayah Tasikmalaya.

Bupati Tasikmalaya, UU Ruzhanul Ulum menyampaikan bahwa untuk mewujudkan kedaulatan pangan melalui gerakan tanam kedelai ini perlu dilakukan secara terintigrasi dan terpadu, agar dapat meningkatkan produktivitas sektor petanian dan meningkatkan kesejahtraan masyarakat pedesaan di wilayah Tasikmalaya.

“Di Kabupaten Tasikmalaya, pemerintah telah menyiapkan lahan lima ribu hektar untuk kedelai, dua ribu hektar untuk padi dan dua ribu hektar untuk jagung” Lanjutnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tonggak kebangkitan produksi tanaman kedelai ke arah yang lebih baik, hal ini berkaitan dengan program pemerintah kabupaten Tasikmalaya yaitu Gerakan Mambangun Desa ( Gerbang Desa).

Sementara itu Administratur Perhutani Tasikmalaya, Henry Gunawan menyampaikan bahwa untuk menunjang program kedaulatan pangan dan program pemerintah lahan yang sudah dilakukan di perhutani berada di kawasan hutan petak 10 b, luas 5 ha tanaman tahun 2014, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cikatomas, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cikatomas, Desa Lengkong Barang, Kecamatan Cikatomas.

“Selain lahan di wilayah hutan Cikatomas, kami sudah menyiapkan seluas 10 hektar di RPH Sukaraja dan RPH Cikalong 40 ha, penanaman kedelai yag akan dilakukan di lahan perhutani, hal ini menjadi bagian peningkatan pangan bagi masyarakat sekitar hutan. Semua kegiatan ini dalam pelaksanaannya harus didasari melalui pola kemitraan dengan dilakukannya pembuatan Perjanjian Kerjasama (PKS) Pengelolaan hutan bersama masyarakat” lanjutnya menjelaskan.

Source Perhutani Tasikmalaya Tanam Kedelai Bersama Staekholder

Leave A Reply

Your email address will not be published.