Perhutani Tasikmalaya Latih Warga Buat Persemaian

7

TASIKMALAYA, PERHUTANI (27/4/2015) | Perhutani Tasikmalaya melatih Tiga puluh lima orang warga Kelurahan Urug Kota Tasikmalaya untuk membuat persemaian dan penanaman di Wana Wisata Urug.

Peserta merupakan warga lulusan SLTA, SLTP serta warga putus sekolah yang tinggal di sekitar Wisata Urug. Minggu (26/4). Kegiatan latihan ini merupakan kerjasama Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya dengan Dinas Tenaga Kerja kota Tasikmalaya yang berlangsung selama 2 bulan, dari bulan April- Juni 2015.

Administratur KPH Tasikmalaya, Henry Gunawan menyatakan bahwa Perhutani melatih pembibitan dan penanaman kepada masyarakat yang tidak punya pekerjaan. Pelatihan ini dibiayai oleh Depnaker, namun untuk tenaga instrukturnya dari Perhutani.

“Materi pelatihan pembibitan hampir 80% nya praktek, sisanya 20% berupa teori. Sebagai media praktek peserta menyemai 10 ribu bibit albasia. Meski demikian pembibitan jenis pohon lain seperti jati, mahoni tetap dipelajari. Selain itu, peserta nantinya bisa ahli dibidang pembibitan. Peluang bisnis bibit ini luas dan sangat potensial. Pihaknya telah mencanangkan Wana Wisata Urug sebagai tempat yang dapat dijadikan pusat pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan sumber daya manusia” ujar Henry.

Ujang Alamsyah, salah seorang peserta mengaku senang bisa mengikuti pelatihan ini. “Kita ingin praktekkan materi yang dipelajari. Kedepan kalau sudah bisa pembibitan, saya mau coba buka usaha sendiri,” kilahnya.

Source Perhutani Tasikmalaya Latih Warga Buat Persemaian

Leave A Reply

Your email address will not be published.