Perhutani Tasikmalaya dan Budayawan Hijaukan Hutan Taraju

14

TASIKMALAYA, PERHUTANI (28/4/2015) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama Paguyuban Seni dan Budaya Manggala Garuda Putih (PSBMGP) Taraju melakukan penanaman pohon mahoni di petak 45 b RPH Taraju BKPH Taraju KPH Tasikmalaya dengan dihadiri Muspika Kec. Taraju, Kepala Desa, Study Pencinta Alam (STUPA) dan LMDH Tani Barokah Taraju. Kegiatan Ini bertujuan mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan hutan untuk kelestarian sumber mata air.

Administratur Perhutani Tasikmalaya, Henry Gunawan mengatakan bahwa Perhutani mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Paguyuban Seni dan Budaya Manggala Garuda Putih (PSBMGP) ini dengan melakukan penanamn bersama di dalam kawasan hutan, karena kegiatan ini dinilai sangat positif guna melindungi, menjaga dan melestarikan hutan. Selain itu juga, untuk menjaga keberadaan sumber mata air yang ada di kawasan hutan.

Bagi masyarakat sekitar hutan, kata Henry peran pepohonan sangat besar manfaatnya yaitu untuk menjaga kualitas mata air dan menyimpan kantung air di dalam tanah, tambahnya.

Ketua Paguyuban Seni dan Budaya Manggala Garuda Putih (PSBMGP), Ade mengatakan bahwa PSBMGP bersama Perhutani mengajak kepada masyarakat untuk bahu membahu terlibat menjaga hutan dan melestarikannya. Manusia, hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Oleh karena itu mari kita bersama sama untuk menyelamatkan serta mencegah kerusakan lingkungan hutan. Hal ini berkaitan dengan kelestarian sumber mata air di kawasan hutan, karena mata air dapat memberikan kehidupan bagi makhluk hidup di sekitarnya. Ade menambahkan sangat mendukung program perhutani tentang pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM) yang nantinya dapat mensejahterakan masyarakat sekitar hutan.

Source Perhutani Tasikmalaya dan Budayawan Hijaukan Hutan Taraju

Leave A Reply

Your email address will not be published.