Perhutani Tasikmalaya Bersama LMDH Siapkan Posko Pengendalian Karhutla

7

TASIKMALAYA, PERHUTANI (07/08/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Tasikmalaya bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) mempersiapkan Poskolak dan Possatlak Dalkar (Pengendalin Kebakaran) dalam upaya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Selasa (06/08).

Posko Karhutla ini tersebar di semua Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) di KPH Tasikmalaya. Pembuatan posko ini sangat penting terutama memasuki musim kemarau. Selain itu posko akan memudahkan komunikasi para petugas dalam memonitor terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga cepat ditangani.

Administratur KPH Tasikmalaya, Benny Suko Triatmoko menyampaikan bahwa pendirian posko ini merupakan inisiatif Perhutani dan LMDH sebagai wujud kerjasama antara perusahaan dengan masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan. Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau ini.

“Kita menyadari bahwa penanggulangan kebakaran hutan dan lahan harus dilaksanakan secara sinergis dengan berbagai pihak. Perhutani dan badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Tasimalaya perlu memastikan anggotanya untuk selalu siap siaga bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menanggulangi karhutla,” pungkas Benny.

Sementara itu Ketua Asosisasi LMDH, Engkos Kosasih mengapresiasi pembangunan posko Karhutla yang disiapkan oleh Perhutani dan LMDH di seluruh BKPH guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan.

“Pembuatan posko ini dapat menyamakan langkah dan semangat LMDH dan Perhutani dalam upaya mencegah kebakaran hutan, selain itu juga bisa dijadikan tempat mensosialisasikan fungsi dan manfaat hutan pada masyarakat. Kami selalu siap membantu Perhutani dalam penanggulangan terjadinya kebakaran hutan,” tegasnya.

Source Perhutani Tasikmalaya Bersama LMDH Siapkan Posko Pengendalian Karhutla

Leave A Reply

Your email address will not be published.