Perhutani Tasikmalaya Berikan Bantuan Bibit

16

TASIKMALAYA, PERHUTANI (20/4/2015) | Perhutani Tasikmalaya memberikan bantuan sebanyak 5000 (lima ribu) batang bibit jenis Mahoni, Ganitri, Angsana, Alpukat, Kihujan dan jenis lainnya kepada Ketua Asosiai Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kota Tasikmalaya, Dedi Sadiman melalui Wakil Wali Kota Tasikmalaya pada acara apel pagi di halaman Kantor Wali Kota. Senin (20/4).

Kegitan ini atas kerjasama Perhutani dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya dan LMDH wilayah Kota Tasikmalaya untuk berlomba lomba melakukan menghijaukan baik di dalam kawasan hutan maupun di luar kawasan yang masuk di wilayah kota Tasikmalaya terkait dengan pentingnya kawasan resapan air di dalam kota.

Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Dede Sudrajat menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tasikmalaya bersama Perhutani mengajak kepada para Camat, Kelurahan dan LMDH yang lokasinya berdekatan dengan hutan agar melakukan penghijauan dan pemeliharaannya, karena hal ini sangat penting untuk mengembalikan fungsi daerah resapan air di dalam kota.

“Memelihara kawasan resapan air merupakan aksi nyata gerakan penghijauan yang dapat memberikan manfaat untuk mengurangi debit atau limpasan air saat musim hujan karena meresap ke dalam tanah dengan mudah. Upaya ini adalah cara untuk mencegah terjadinya banjir perkotaan akibat pengurangan jumlah daerah resapan air. diharapkan kegiatan penghijauan dan pemeliharaan pohon ini menjadi budaya masyarakat kota Tasikmalya yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari” tambahnya.

Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya, Henry Gunawan menyampaikan bahwa kegiatan penghijaun perlu terus dilakukan untuk memelihara lingkungan perkotaan yang asri yang mempunyai zona hijau, sebab semakin banyak zona hijau maka kualitas air tanah semakin baik, sehingga menghasilkan kawasan resapan air yang berkualitas.
“Salah satu kerjasama yang nyata dalam menjaga lingkungan dengan Kota Tasikmalaya adalah dibangunnya Wana Wisata Urug, karena selain tempat wisata merupaka hutan yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya” pungkasnya.

Pada kesempatan ini Wakil Wali Kota Dede Sudrajat, selain memberikan bibit juga memberikan penghargaan kepada para lurah dan masyarakat yang peduli terhadap kebersihan lingkungan di wilayahnya masing masing.

Source Perhutani Tasikmalaya Berikan Bantuan Bibit

Leave A Reply

Your email address will not be published.