Perhutani Sosialisasikan Sinergi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat

20

KEBONHARJO, PERHUTANI (19/2/2016) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo sosialisasikan sinergi kerjasama pengelolaan Hutan kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Sekertariat Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Dharma Wana Rahardja Desa Wonokerto Sale Rembang.

Administratur Perhutani Kebonharjo, Isnin Soiban menyatakan bahwa pertemuan LMDH dan perhutani Kebonharjo merupakan salah satu bentuk komunikasi sosial (komsos). “Melalui pertemuan ini diharapkan ada kerjasama yang baik antara perhutani dengan warga. Perhutani Kebonharjo mengedepankan program kemitraan dalam kelola hutan. Sikap saling memahami sangat dibutuhkan untuk menjaga kelestarian hutan” tambahnya.

LMDH merupakan wadah dari masyarakat sekitar hutan hendaknya mampu menjadi jembatan yang baik untuk mewujudkan tujuan bersama. Yakni hutan yang aman dengan terciptanya kesejahteraan masyarakat. Pun demikian terhadap pemerintahan desa. Kepala desa dituntut untuk dapat merangkul semua lapisan masyarakat. Baik yang sudah tergabung sebagai anggota LMDH maupun yang belum. Semua kegiatan lmdh harus mengacu pada mekanisme yang ada. Jadi, tidak boleh keluar dari peraturan yang menaungi, jelas Isnin

Sementara, ketua LMDH Dharma Wana Rahardja Wonokerto, Tarmuji menekankan kepada pengurus LMDH untuk terlibat aktif dalam pengamanan hutan. “ayo kita bersama menjaga keamanan hutan dari tindakan pencurian, kebakaran dan tindakan lain yang merusak hutan” Karena hutan rusak akan merugikan kita semua. Bahkan apabila hutannya rusak sharing produksi LMDH juga pasti menurun.

Source Perhutani Sosialisasikan Sinergi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat

Leave A Reply

Your email address will not be published.