Perhutani Siapkan Agroforestry Kedelai di Banyuwangi Selatan

20

BANYUWANGI SELATAN, PERHUTANI (17/10/2016) | Administratur Perhutani Banyuwangi Selatan Agus Santoso sediakan lahan hutan seluas 839 ha untuk tanaman kedelai program kedaulatan pangan pemerintah. Demikian disampaikan Agus saat sosialisasi program Perluasan Areal Taman Kedelai 2016 yang diselenggarakan Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur dihadapan 175 peserta yang terdiri dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Muspika Kabupaten Banyuwangi, BRI Banyuwangi di kantor Perhutani, Rabu (12/10).

Selain menjelaskan tentang teknik penanaman, perawatan, pemasaran hasil panen kedelai, Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur juga menjelaskan tentang sistem bantuan biaya penanaman kedelai program PAT 2016 kepada LMDH Perhutani tersebut.

“Untuk bantuan biaya bisa langsung dicairkan asal sudah membuat rekening masing-masing LMDH dan penyelesaian administrasinya, ini gratis tanpa dipungut biaya”, papar Wanda dari Dinas Pertanian.

Menurut Agus, Wilayah Perhutani Banyuwangi Selatan saja, 2.402,86 ha lahan hutan di tujuh BKPH sudah ditanami tanaman padi seluas 832,75 ha, jagung 1.223,21 ha dan kedelai 346,9 ha dengan pola agroforestry dalam skema Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Ini belum termasuk rencana program PAT 2016.

Source Perhutani Siapkan Agroforestry Kedelai di Banyuwangi Selatan

Leave A Reply

Your email address will not be published.