Perhutani Sediakan 12,3% Lahan Hutan Purwodadi Untuk Jagung

14

PURWODADI, PERHUTANI (15/1/2016) | Perum Perhutani melalui Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi mengalokasikan lahan hutannya seluas 2.422,3 hektar atau 12,3% dari total luas hutan KPH Purwodadi 19.636,5 Hektar untuk ditanami jagung oleh masyarakat desa hutan yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Kabupaten Grobogan dan Pati.

Kabupaten Grobogan adalah salah satu penghasil jagung terbesar di Provinsi Jawa Tengah dengan produksi jagung 600 ton pertahun atau 16% dari total produksi jagung Jawa Tengah.

Administratur Perhutani KPH Purwodadi Damanhuri dalam laporannya merinci dari luasan untuk tanaman pangan tersebut, 1.924 hektar ada di Kabupaten Grobogan dan 498,3 hektar di Kabupaten Pati. Setiap tahun rata-rata LMDH di KPH Purwodadi menanam tanaman padi dan palawija di lahan hutan bekas tebangan tidak kurang dari 2.000 hektar.

Sementara anggota LMDH Batur Wana Lestari Desa Kemadohbatur Bambang mengaku bahwa lahan hutan Perum Perhutani bekas tebangan umumnya sangat subur sehingga mampu mendongkrak produksi jagung di Kabupaten Grobogan yang produksinya rata-rata 5,7 ton/ha di lahan tegalan dan 7 s/d 8 ton/ha di lahan sawah.

Source Perhutani Sediakan 12,3% Lahan Hutan Purwodadi Untuk Jagung

Leave A Reply

Your email address will not be published.