Perhutani Saradan Sosialisasikan Program Tanaman Biomassa pada LMDH

21

SARADAN, PERHUTANI (03/08/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan laksanakan sosialisasi program tanaman biomassa pada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bertempat di Pendopo Balai Desa Bobol Kecamatan Sekar, Jum’at (02/08).

Sesuai dengan kebijakan, pembuatan tanaman biomassa tahun 2019 didesain dengan pola tanam komposisi 70% tanaman biomassa dan 30% tanaman agroforestry serta memperhatikan kondisi sosial, hasil sosialisasi di rencana di lokasi tanaman biomassa, serta kesiapan tanaman 2019.

Administratur KPH Saradan Noor Rochman menjelaskan bahwa pada kegiatan tanaman biomassa ini Perhutani masih tetap bekerjasama dengan LMDH menggunakan pola tanam plong-plongan. Menurutnya, plong tanaman biomassa harus bebas dari tanaman palawija terutama jagung agar tidak mengganggu pertumbuhan. Untuk komposisi tanaman biomassa dengan jenis Kaliandra lebarnya 17 meter, sedangkan Gliriside sebagai tanaman agroforestry lebarnya 8 meter.

“Dengan sistem pola tanam plong-plongan ini diharapkan tanaman biomassa bisa tumbuh dengan cukup cahaya matahari dan tidak ternaungi oleh tanaman palawija, sehingga keduanya bisa tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Ketua LMDH Karya Usaha Salim mengatakan bahwa LMDH Karya Usaha Desa Bobol, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro mendukung Perhutani dalam rangka program sukses tanaman biomassa dan akan mendorong kepada anggota lainnya untuk ikut serta mensukseskan kegiatan tersebut di wilayah pangkuan LMDH Karya Usaha.

“Kami sebagai mitra kerja akan berusaha untuk terus bersinergi dengan Perhutani agar semua kegiatan pengelolaan hutan di KPH Saradan bisa berjalan lancar,” tambah Salim.

Source Perhutani Saradan Sosialisasikan Program Tanaman Biomassa pada LMDH

Leave A Reply

Your email address will not be published.