Perhutani Resmikan Wisata Benteng Dinamit di Brebes

78

BALAPULANG, PERHUTANI (27/09/18) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang meresmikan wisata Benteng Dinamit di kabupaten Brebes pada Rabu (26/09). Benteng Dinamit merupakan situs peninggalan zaman Belanda berbentuk benteng batu bata kuno di atas waduk Malahayu, Banjarharjo.

Wisata Benteng Dinamit ini terletak di petak 51d Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Malahayu, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjarharjo Barat atau secara administrasi di desa Malahayu kecamatan Banjarharjo kabupaten Brebes.

Di tengah acara peresmian tersebut, administratur KPH Balapulang Gunawan Sidik Pramomono menjelaskan konon bangunan benteng dinamit ini digunakan untuk pembuatan waduk Malahayu pada tahun 1930an. “Jenderal Sudirman juga pernah menempati benteng dinamit ini untuk menyusun strategi perang”, jelasnya.

“Seiring semakin meningkatnya wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini maka kami kerjasamakan pengelolaan wisata benteng dinamit dengan kelompok sadar wisata (pokdarwis) desa setempat, harapan kami Desa Malahayu akan lebih maju dan sejahtera dengan diresmikannya wisata Benteng Dinamit ini” tambah Gunawan.

Dalam kegiatan yang sama Kepala Desa Malahayu, Rustamadji mengucapkan terima kasih kepada Perhutani karena dengan diresmikannya wisata benteng dinamit diharapkan akan turut meningkatkan perekonomian warga desanya.

Source Perhutani Resmikan Wisata Benteng Dinamit di Brebes

Leave A Reply

Your email address will not be published.