Perhutani Pemalang Dukung Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia

9

PEMALANG, PERHUTANI (3/11/2015) | Perhutani Pemalang Mendukung Pencanangan Gerakan Penanaman Pohon, Peringatan Hari Menanam Pohon Nasional serta Bulan Menanam Nasional Tahun 2015 tingkat Kabupaten Pemalang dengan kegiatan penanaman bersama di petak 45 luas 7,5 hektar tanaman Jati Plus Perhutani (JPP) tanaman tahun 2015 Resor Pemangkuan Hutan Kramat, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Slarang Perhutani Pemalang.

Kegiatan penanaman bersama ini dibuka oleh Bupati Pemalang, Junaedi ditandai dengan pemukulan gong dengan tema “Ayoo kerja, tanam dan pelihara pohon untuk hidup lebih baik”

Acara juga dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabapaten Pemalang, Komandan Satuan Radar 214 Tegal, Sekertaris Daerah Kabupaten Pemalang, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pemalang dan jajaran Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Pemalang, Pekalongan Barat dan Pekalongan Timur serta sejumlah komponen masyarakat seperti pelajar, pramuka, tokoh masyarakat, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan beberapa instansi dinas terkait, BUMN dan swasta.

Bupati Pemalang, Junaedi menyatakan bahwa tujuan Pencanangan Gerakan Penanaman Pohon mendorong dan memotivasi untuk membangun ekosistim hutan dan menjaga kelestarian keanekaragaman hayati.

Sejumlah bantuan telah diserahkan oleh Bupati Pemalang, diantaranya bantuan berupa 11.000 plances bibit petai diserahkan kepada Kelompok Tani Maju Jaya, Kecamatan Watukumpul, 6.600 batang pinus diterimakan oleh Kelompok Tani Lestari Batusari Kecamatan Pulosari dan sebanyak 3.300 bibit cemara laut diterima oleh Kelompok Tani Muara Indah Asem Doyong, Kecamatan Taman.

Bantuan lainpun datang dari Perum Perhutani, yaitu bantuan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp.75 juta diserahkan kepada Ketua :Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Pasir. Rohyati, Trading Jagung sebesar 175 juta diterima oleh Tangi, Ketua LMDH Wana Jaya Desa Surajaya Kecamatan Pemalang.

Seusai penyerahan bantuan Bupati Pemalang bersama jajaran Forkompinda serentak melakukan penanaman pohon jati diikuti oleh Komandan Satuan Radar 412 Tegal, Sekertaris Daerah dan Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pemalang serta diikuti sejumlah komponen masyarakat seperti pelajar, pramuka, tokoh masyarakat, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan beberapa instansi dinas terkait, BUMN dan swasta.

Rencana sebanyak 3 juta plances akan ditanam di wilayah Kabupaten Pemalang. Sedangkan Bibit yang akan ditanam di petak 45 ini sebanyak 9.700 plances terdiri dari jenis bibit Jati, Mahoni dan Salam.

Source Perhutani Pemalang Dukung Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.