Perhutani Pekalongan Barat Salurkan Dana PKBL Rp. 350 Juta

8

PEKALONGAN BARAT, PERHUTANI (23/12/215) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat menyerahkan dana pinjaman lunak Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk masyarakat wilayah Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes tahun 2015 sebesar Rp 350.000.000 untuk 5 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di ruang rapat kantor Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat.

Penyaluran dana ini dipergunakan untuk menambah modal usaha produktif LMDH seperti usaha pupuk, obat-obatan pertanian, wilayah Kabupaten Brebes sebesar Rp 290.000.000 serta usaha peternakan kambing, ikan lele, petani jagung, dan toko pakan ternak wilayah Kabupaten Tegal sebesar 65.000.000.

Administratur Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat A. Fadjar Agung Susetyo mengatakan bahwa dana pinjaman lunak kali ini diberikan kepada masyarakat wilayah Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, baik kelompok maupaun perorangan. Pinjaman tersebut dipinjamkan kepada masyarakat yang benar-benar memerlukan dana untuk memajukan usahanya.

“Bagi masyarakat yang menerima pinjaman dana lunak PKBL, agar bisa memanfaatkan dan mengelola dana tersebut dengan baik untuk memajukan usahanya sehingga bisa meningkat kesejahteraan hidupnya. Karena dana pinjaman ini bukan hibah tapi harus di kembalikan dengan bunga yang sangat rendah yakni hanya 6 % per tahun atau 0,5 % per bulan”, Ujar Anton.

Selain menyalurkan dan Program Kemitraan, Perhutani Pekalongan Barat juga menyerahkan bantuan Bina Lingkungan berupa 5 unit komputer untuk PKBM Karya Mandiri di desa Jipang, Kecamatan Bantar Kawung-Kabupaten Brebes, serta 5 paket pelatihan komputer bagi warga sekitar hutan yang ada di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bantar Kawung.

Kepada para mitra binaan Perum perhutani KPH Pekalongan Barat yang tersebar di wilayah Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, lebih lanjut Anton berpesan untuk menjalin kerjasama dengan baik untuk melestarikan hutan di sekitar tempat tinggal kita. “Hutan harus kita jaga bersama agar tetap lestari dan bermanfaat bagi generasi mendatang,” Pungkasnya.

Source Perhutani Pekalongan Barat Salurkan Dana PKBL Rp. 350 Juta

Leave A Reply

Your email address will not be published.