Perhutani Pati Sambut Musim Tanam dengan Penanaman Bersama

8

PATI, PERHUTANI (30/12/2015) | Untuk menyukseskan tanaman di musim tanan tahun ini Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pati melakukan penanaman bersama sebagai dimulainya tahun tanam 2015.Acara penanaman bersama ini diselenggarakan di Petak 7b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Puncel, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngarengan dengan luas baku 20.7 Ha dan luas tanaman 15 Ha. Rabu.

Administratur Perhutani Pati, Dadang Ishardianto menjelaskan bahwa Petak 7b sebagai percontohan pola tanam dengan system 6 x 3 x 2 Mdan dia mengistilahkan sebagai Pagar Sedulur, dimana tanaman tersebut dibagi atas larikan atau Blok, 6 larik untuk masyarakat /LMDH disitu boleh untuk ditanami tanaman lain atau polowijo sedangkan larikan 3 dan 2 sebagai tanaman pokok dan pengisi yang tidak boleh ada tanaman lain. KPH Pati tahun 2015 ini merencanakan tanaman seluas 891,4 Ha yang tersebar di beberapa BKPHtermasuk BKPH Ngarengan.

Penanaman bersama dipimpin Kasi PSDH KPH Pati, Priyono dengan melibatkan seluruh Asper /KBKPH dengan masing masing menyertakan 2 KRPH dan 2 Mandor serta perwakilan dari LMDH dan Kepala Desa Setempat. Lokasi disamping merupakan Kawasan yang subur juga rawan terhadap Tenurial, dipilihnya lokasi itudimaksudkan agar setelah ada penanaman bersama lokasi ini aman dari ancaman tenurial.

Wakil Ketua LMDH Wono Sobo desa Puncel, Luri menyatakan bahwa,”Dengan penanaman bersama ini nantinya juga harus ada pengamanan bersama agar tanaman ini bisa jadi, dan LMDH siap untuk membantu”, Tegasnya.

Source Perhutani Pati Sambut Musim Tanam dengan Penanaman Bersama

Leave A Reply

Your email address will not be published.