Perhutani Nganjuk Kunjungi Penyulingan Daun Kayu Putih Perhutani Telawa

15

TELAWA, PERHUTANI (15/4/2015) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Nganjuk kunjungi penyulingan Daun Kayu Putih (DKP) di Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonomulyo Kedungombo dan LMDH Sumber Rejeki Kalimati wilayah KPH Telawa, Rabu.

Study lapangan yang dilakukan oleh Perhutani KPH Nganjuk ini dimaksudkan untuk mendapat informasi tentang penyulingan Daun Kayu Putih untuk menghasilkan rendemen yang bagus.

Penyulingan Daun Kayu Putih di 2 (dua) LMDH tersebut dilakukan dengan 2 (dua) cara pengapiannya yaitu dengan bahan bakar kayu dan dengan menggunakan bahan bakar serasah/limbah daun kayu putih.

Cara keduanya sama-sama mampu mencapai rendemen 0,7 % – 0,8 %, tetapi hasil dengan menggunakan bahan bakar kayu rendemen selalu lebih tinggi dibanding dengan bahan bakar limbah daun kayu putih. Pencapaian rendemen tersebut sudah sangat luar biasa karena dalam kondisi cuaca hujan.

Ketua LMDH Wonomulyo Kedungombo Puji dan Ketua LMDH Sumber Rejeki Kalimati Bambang dengan rinci menyampaikan cara atau teknik penyulingan sampai tuntas.

Selanjutnya Kepala Urusan Produksi KPH Nganjuk Susilo sangat antusias jika pengetahuan tentang penyulingan di LMDH wilayah KPH Telawa akan memberikan banyak manfaat dan saling melengkapi kekurangan.

Source Perhutani Nganjuk Kunjungi Penyulingan Daun Kayu Putih Perhutani Telawa

Leave A Reply

Your email address will not be published.