Perhutani Mendampingi Tim Bank Mandiri Kunjungi LMDH di Majalengka

6

MAJALENGKA, PERHUTANI (09/07/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Majalengka mendampingi Tim dari PT Bank Mandiri Pusat melakukan kunjungan dan survei ke lokasi yang dikerjasamakan dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Raya Lestari dan LMDH Mekarjaya, Senin (08/07) di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pancurendang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Majalengka.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan lokasi LMDH, potensi komoditas mangga dan tumpangsari palawija yang dikerjasamakan dengan Perhutani, serta Surat Keputusan (SK) Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) program Perhutanan Sosial (PS) yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo di Tahura Bandung beberapa bulan yang lalu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Perhutani, tim dari Bank Mandiri Pusat, perwakilan Bank Mandiri Cirebon, perwakilan Bank Mandiri Majalengka, pengurus LMDH, serta Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM), dan Penyuluh Kehutanan Provinsi wilayah Majalengka KCD Kuningan.

Administratur KPH Majalengka, Andi Mulya melalui Kepala Sub Seksi (KSS) Kelola Sosial Yana Rahdiana menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Bank Mandiri Pusat yang telah berkunjung. Ia berharap kedua LMDH yang dikunjungi bisa maju dan berkembang dengan adanya bantuan permodalan dari pihak Bank Mandiri sebagai pembina pada program PS di wilayah hutan Perhutani Majalengka dan bersinergi dengan semua stakeholder dalam meningkatkan perekonomian masyarakat hutan.

Asistant Manager Bank Mandiri Pusat, Novita Damayanti selaku tim Government Projet 3 Group menyampaikan bahwa kedatangan tim mereka bertujuan untuk memastikan lokasi LMDH dan potensi yang ada di wilayah LMDH Rimba Raya Lestari dan LMDH Mekarjaya dan memastikan bantuan yang diberikan tepat guna dan sasaran.

“Kami selaku Himbara (Himpunan Bank Negara) mendampingi LMDH supaya maju dan berkembang dengan bantuan yang diberikan berupa alat produksi maupun program KUR (Kredit usaha Rakyat). Kami akan melakukan evaluasi secara intensif pada LMDH untuk memastikan program atau bantuan yang kami berikan bisa bermanfaat dan tepat sasaran,” jelasnya.

Perwakilan LMDH Rimba Raya Lestari, Omo Sarma menyampaikan terimakasih atas kunjungan tim pada wilayah HPD LMDH Rimba Raya Lestari. Ia menjelaskan potensi HPD nya yang begitu banyak, dari mulai buah-buahan, palawija juga potensi wisata.

“HPD kami memiliki beragam potensi hutan dan komoditas antara lain jagung, mangga Gincu, mangga Cengkir, Arum manis, rempah-rempah serta wana wisata yang sudah berjalan yaitu Gunung Karang. Kami berharap Perhutani dan Bank Mandiri dapat membantu sehingga petani hutan bisa sejahtera,” pungkasnya.

Source Perhutani Mendampingi Tim Bank Mandiri Kunjungi LMDH di Majalengka

Leave A Reply

Your email address will not be published.