Perhutani Kuningan dengan Dishutbun Bentuk Forum PHBM Tingkat Kabupaten

9

KUNINGAN, PERHUTANI (30/7/2015) – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kuningan dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan Membentuk Forum Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) tingkat kabupaten di Ruang Rapat Perhutani KPH Kuningan. Rabu (29/7).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kuningan, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) dan jajaranya, Penyuluh Kehutanan, Ketua dan pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Lembaga Pemantau Independen (LPI) Kuningan.

Administratur Perhutani KPH Kuningan, Aries Indra Supartha menjelaskan bahwa dalam upaya mewujudkan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan hutan, dilaksanakan kegiatan pengelolaan hutan melalui sistem PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat), dan dengan cara pembentukan Forum PHBM atau paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) tingkat Kabupaten.

“Dengan Forum PHBM diharapkan dapat meningkatkan kelembagaan kelompok tani Hutan atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan dalam pengelolaan kawasan hutan serta menjalin dan mempererat silaturahmi antara Perhutani, Dinas Kehutanan dan Perkebunan dan anggota kelompok tani pengelola PHBM.”tuturnya

Wakil Bupati Kuningan, Acep Purnama mengatakan bahwa perlunya membangun kemitraan dengan pemerintah daerah untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) dalam pembangunan, pemanfaatannya dengan sebaik-baiknya, bukan menghijaukan hutan saja tapi pemanfaatan lahan-lahan yang ada dikabupaten kuningan.”Pungkasnya.

Source Perhutani Kuningan dengan Dishutbun Bentuk Forum PHBM Tingkat Kabupaten

Leave A Reply

Your email address will not be published.