Perhutani Kucurkan 1.457 Miliar Rupiah Dana PKBL Di Randublatung

12

RANDUBLATUNG, PERHUTANI. (12/12/2015) | Perum Perhutani melalui Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) randublatung telah mengucurkan dana pinjaman lunak dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) kepada mitra binaan Perum Perhutani di Randublatung tidak kurang dari Rp. 1,457 miliar rupiah selama lima tahun terakhir hingga 2015.

Sebanyak 9 mitra binaan menerima bantuan pinjaman dana PKBL sebesar Rp 125 juta untuk menambah modal kerja para mitra binaan yang sebelumnya telah menerima bantuan untuk menjalankan usaha mereka berupa peternakan khususnya penggemukan sapi dan usaha lainnya dari Perhutani KPH Randublatung.

Administratur Perhutani KPH Randublaatung Herdian Suhartono mengatakan bahwa ketepatan angsuran para mitra binaan cukup baik sekitar 85%. Dengan angka tersebut ia optimis iklim usaha menengah keatas bisa terdongkrak kemampuannya.

Dana PKBL yang dikucurkan Perum Perhutani Randublatung kepada 244 mitra binaan nilainya Rp 1,457 milyar. Rinciannya pada tahun 2010 sampai 2014 dana PKBL yang dipinjamkan kepada 235 mitra binaan sebesar Rp 1.332.995.000, sedangkan 2015 sebesar Rp 125 juta rupiah.

Selain usaha penggemukan ternak sapi, jasa pertokoan warga juga memutar modalnya melalui jasa pembuatan sumur air bersih dengan sistem biaya pengganti BBM dan perawatan tiap bulan.

“Bantuan modal ini merupakan stimulus bagi usaha para mitra yang telah berjalan, jadi dengan adanya gelontoran dana ini mereka secara riil telah mampu menjalankan usaha,” demikian A. Puspita usai menerima bantuan PKBL.

Source Perhutani Kucurkan 1.457 Miliar Rupiah Dana PKBL Di Randublatung

Leave A Reply

Your email address will not be published.