Perhutani Kedu Selatan Bersama Dinas Lingkungan Hidup Bentuk Masyarakat Mitra Polhut

42

PERHUTANI, KEDU SELATAN (2/2/2016) | Perum Perhutani Kedu Selatan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kab Wonosobo memprakarsai pembentukan masyarakat mitra Polhut di Kaliwiro Wonosobo yang diikuti oleh 30 peserta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Wonosobo, Muawal Soleh menyampaikan bahwa masalah perlindungan dan pengamanan hutan adalah sebuah masalah yg cukup kompleks dan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Dengan adanya perkembangan di berbagai bidang dan perubahan dinamika di lapangan dan terjadi pula adanya perkembangan permasalahan perlindungan dan pengamanan hutan mulai dari perambahan, kebakaran hutan yang terjadi di sebagian wil kab wonosobo dan pencurian kayu sampai pada penyelundupan satwa liar yang dilindungi Undang-undang.

“Peran aktif dari masyarakat dalam perlindungan dan pengamanan hutan sehingga melalui pembentukan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) ini secara swakarsa antara lain pembentukan masyarakat mitra Polhut ini serta masyarakat peduli api (MPA). Salah satu bentuk pengamana hutan swakarsa adalah MMP dan MPA yg merupakan sah satu bentuk pengamanan hutan partisipatif atau pengamanan hutan yang berbasis masyarakat” tambahnya.

Wakil Administratur Kedu Selatan, Arif Fitri Saputra menyatakan bahwa apabila terjadi gangguan keamanan hutan petugas Polhut pasti melaporkan kepada petugas kepolisian setempat untuk ditindaklanjuti atau melaporkan kepada pimpinan yang lebih tinggi untuk ditindaklanjuti.

Source Perhutani Kedu Selatan Bersama Dinas Lingkungan Hidup Bentuk Masyarakat Mitra Polhut

Leave A Reply

Your email address will not be published.