Perhutani Kebonharjo dan LMDH Kembangkan Pakan Ternak Dengan Pengkayan Hutan

14

Kebonharjo-Perhutani (17/2/2016) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo bekerjasama dengan lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) Wana Mulya Lestari Desa Pacing Sedan Rembang menghijaukan kawasan Perlindungan dan Pemeliharaan Tanaman Pengkayaan di hutan petak 17c Karas Kebonharjo dengan menanam rumput gajah dan kemlanding.

Administratur Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo, Isnin Soiban menyatakan bahwa kelestarian hutan merupakan tanggungjawab bersama, Perhutani tidak dapat bekerja sendiri, melainkan bersama mitra kerja seperti LMDH juga stakeholder lainnya. “Jika kawasan perlindungan setempat (KPS) terjaga kelestariannya maka akan memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar hutan. Seperti ketersediaan sumber mata air, habitat hidup satwa terlindungi. Dan berbagai manfaat penting lainnya’ tambahnya.

LMDH dan warga sekitar hutan dapat menanam hijauan makanan ternak (HMT) di kawasan hutan untuk pemenuhan pakan ternaknya. Namun yang tidak boleh dilupakan adalah setiap kegiatan itu harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan sampai aktifitas masyarakat hutan justru menimbulkan gangguan ekosistem. Harus ada simbiosis mutualisme yakni saling menguntungkan antara masyarakat dengan pengelola hutan, tegas Isnin

Source Perhutani Kebonharjo dan LMDH Kembangkan Pakan Ternak Dengan Pengkayan Hutan

Leave A Reply

Your email address will not be published.