Perhutani Dukung Upaya Pemkab Madiun Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar Hutan

4

SARADAN, PERHUTANI (27/06/2019) | Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar hutan, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan dukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun dalam kegiatan Bakti Sosial Terpadu (BST) di Desa Kenongrejo Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun, Kamis (26/06).

Kegiatan BST merupakan program rutin dari Pemerintah Kabupaten Madiun yang dilakukan secara bergilir dari desa ke desa untuk menampung usulan jika ada masalah dan kendala dalam pelaksanaan pembangunan desa dalam rangka monitoring dan evaluasi untuk mendorong pertumbuhan perkonomian masyarakat di pedesaan.

Bupati Madiun Ahmad Damawi mengajak masyarakat untuk meningkatkan kebersihan lingkungan bersama agar tercipta pola hidup yang sehat dan bersih dari sampah. Menurutnya BST ini dilaksanakan Pemkab Madiun guna mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat desa. “Dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan dan sarana lainnya, diharapkan kegiatan perekonomian di desa dapat berjalan lancar,” katanya.

Di tempat terpisah Administratur Perhutani KPH Saradan Noor Rochman mengatakan, “Perhutani akan selalu mendukung upaya Pemkab Madiun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada disekitar hutan. Bila masyarakat desa yang berada di sekitar hutan hidupnya sejahtera, maka akan berdampak pada turunnya gangguan keamanan hutan,” ujarya.

Beberapa usulan BST masyarakat Desa Kenongorejo ini antara lain pembuatan sumur sibel untuk irigasi sawah bagi petani, pembangunan jalan, perbaikan saluran drainase penyebab terjadinya banjir, bantuan pemasaran produk batik khas Desa Kenongonrejo dan lain-lain.

Pada BST tersebut juga diadakan kegiatan kerja bakti perbaikan jalan Desa dari dusun Tlagan samapai dusun Ribahan sejauh 5 km, pengobatan gratis, donor darah, pasar murah, pelayanan pembuatan E-KTP, SIM, Samsat Keliling untuk melayani masyarakat Desa Kenongorejo dan sekitarnya dan pada malam harinya ditutup dengan panggung seni budaya.

Source Perhutani Dukung Upaya Pemkab Madiun Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar Hutan

Leave A Reply

Your email address will not be published.