Perhutani dan Warga Panglungan Percantik Wisata Sigologolo

5

JOMBANG, PERHUTANI (14/3/2015) | Perhutani Jombang dan warga desa Panglungan Kecamatan Wonosalam Jombang bersama-sama mempercantik kawasan wisata Sigologolo. Sabtu.

Warga yang terdiri dari perangkat desa, karangtaruna, LMDH dan tokoh sesepuh sangat antusias dengan kegiatan yang dilaksanakan Perhutani dalam mengangkat obyek alam yang menjadi peluang tujuan wisata, sehingga merupakan peluang bagi mereka untuk berpeluang usaha sehingga meningkatkan taraf hidupnya.

Kegiatan mempercantik berupa pembuatan dan pemasangan plang petunjuk jalan obyek obyek, menanam berbagai jenis tanaman buah buahan dan bunga bunga serta kerja bakti kebersihan. Dalam kesempatan beristirahat menikmati kuliner khas dan buah durian yang menjadi ikon wonosalam para pemuka, tokoh dan perhutani berdiskusi membahas pengembangan kedepan wisata Sigologolo ini. Berbagai ide dan usulan dapat di tampung dan durencanakan untuk direalisasikan, yang intinya untuk membuat Wana Wisata Sigologolo lebih menarik dan diminati sebagai tujuan wisata alam dan adventure.

Sogologolo merupakan obyek alam yang unik dan menarik, dalam kawasan yang dicanangkan sebagai Oblek Wisata Sigologolo terdapat beberapa keunikan keunikan yang akan menarik minat wisatawan antara lain :

Goa Sigologolo, goa unik untuk menjangkaunya pengunjung harus melalui panjat akar pohon. Dengan liukan akar yang kokoh dapat digunakan untuk memanjat dan merayap ke atas menuju goa yang didalamnya terdapat tiga sumber mata air, yang diyakini warga sekitar sangat berkhasiat. Tiga sumber mata air yang unik di sudut sudut goa diberi nama oleh warga Sumber Panguripan, Sumber Panganoman, Sumber Patapan. Masing masing memiliki khasiat sendiri sendiri.

Selain obyek utama Goa, wisata Sigologolo juga memiliki panorama alam yg meakjubkan dari atas goa yakni Bulu View. Hamparan pemandangan dua gunung Arjuno dan Anjasmoro yang menyatu. Juga terdapat obyek berupa sungai Boro yang sangat menantang untuk Arung Jeram, dan masih banyak obyek obyek sekitarnya yang bisa diangkat dan dijual kepada wisatawan adventure.

Pengelolaan Wisata Sigologolo yang baru beberapa saat lalu dilaksanakan dengan MOU dengan LMDH serta Warga sekitar yang diwakili Karang Taruna nya, cukup membuahkan hasil bagi pendapatan Perhutani. Diakhir Tahun 2014 kemaren tercatat setor perhutani sebesar Rp. 76.514.000,- dengan jumlah pengunjung 24.934 orang, dalam catatan Tim Pengembangan Usaha Perhutani Jombang. Diharapkan pada kesempatan mendatang akan lebih meningkat yang juga diimbangi dengan obyek yang lebih cantik dan menawan dari Wisata Sigologolo.

Source Perhutani dan Warga Panglungan Percantik Wisata Sigologolo

Leave A Reply

Your email address will not be published.